Tanpa AC dan Kipas Angin, Begini Cara Bikin Kamar Jadi Lebih Sejuk

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
31 Mei 2021 07:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Saat cuaca panas di malam hari, kebanyakan orang akan menyalakan AC atau kipas angin. Tapi, sebenarnya ada banyak cara untuk membuat kamar tetap sejuk selama musim panas.

Antonio Dengra, CEO di Rointe, mengatakan suhu optimal untuk rumah yang nyaman dan sejuk adalah 21 derajat celcius. Karena itu, penting untuk membuat kamar tidur yang lebih sejuk supaya tidur nyenyak selama musim panas.

Tapi, Anda juga tidak perlu membuka jendela untuk menjaga kamar tetap sejuk dan dingin selama musim panas. Adam Pawson, Kepala Digital di Safestyle, mengatakan membuka jendela untuk membuat kamar tetap sejuk tanpa AC dan kipas itu bukanlah pilihan terbaik.

Baca juga: Kemasan Jamu Perlu Dibikin Lebih Menarik Agar Tak Terkesan Kuno

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa membuka jendela. Anda bisa atau tidaknya membuka jendela kamar tergantung pada posisinya.

"Jika jendela menghadap ke selatan, sebaiknya tutup gorden atau buka jendela pada posisi ventilasi yang umum untuk memungkinkan udara masuk. Jika jendela Anda menghadap ke utara, Anda disarankan untuk menutupnya guna menghindari udara panas masuk," kata Adam dikutip dari Express.

Berikut ini, ada beberapa cara untuk membuat kamar tidur lebih sejuk selama musim panas.

1. Memilih kasur yang tepat

Jonathan Warren, direktur spesialis tempat tidur di Time4Sleep, menekankan betapa pentingnya memilih kasur yang nyaman dan tepat untuk membantu tidur lebih nyenyak selama musim panas.

Karena, ada sejumlah pilihan kasur yang bisa membantu mengatur suhu tubuh. Secara umum, kasur dengan bahan alami yang tinggi, seperti wol, kapas atau bambu termasuk pilihan tepat bagi Anda yang kesulitan tidur ketika musim panas.

Sebab, bahan kasur yang alami cenderung lebih dingin dan hipoalergenik. Selain itu, Anda juga bisa memilih kasur busa yang memiliki teknologi pengatur suhu tubuh dan membantu Anda tetap merasakan sejuk selama tidur di musim panas. Bahkan kasus ini juga bisa menghangatkan tubuh ketika musim dingin.

2. Mengganti seprai

Cara lain untuk tidur nyenyak selama musim panas adalah gunakanlah seprai yang berbahan alami agar lebih dingin. Seprai yang tipis dan ringan bisa membantu tubuh lebih nyaman, dingin dan tidak berkeringat selama tidur di musim panas.

Lucy Ackroyd, Kepala Desain di Christy England, mengatakan seprai kapas murni memiliki manfaat sensorik dan bisa bernapas secara alami. Seprai beebahan dasar kapas juga bisa membantu mengatur suhu dan tingkat kelembapan saat Anda tidur, berbeda dengan serat sintetis.

"Tidak hanya itu, kain dengan jumlah benang tinggi lebih halus di kulit, sehingga lebih nyaman dan tidak kasar di kulit, terutama pada pakaian tidur," jelasnya.

Anda bisa mencoba seprai percale daripada seprai satin, karena dibuat dengan tenunan yang lebih longgar dan jauh lebih dingin.

"Selain memastikan Anda memiliki seprai yang nyaman untuk musim panas, Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki selimut yang nyaman pula," ujarnya.

3. Batasi jumlah cahaya yang masuk ke rumah

Tirai dan daun jendela tidak hanya digunakan untuk menahan cahaya, tetapi juga dapat digunakan untuk mengontrol suhu secara efektif di rumah.

Pengecer tirai online 247 Blinds, memberikan saran mengenai pilihan tirai terbaik untuk musim panas dan musim dingin.

Jason Peterkin, direktur di 247 Blinds, mengatakan pertimbangkan faktor-faktor, seperti arah jendela. Misalnya, ruangan yang menghadap ke selatan akan mendapatkan keuntungan dari bahan termal yang lebih tebal untuk membantunya tetap dingin.

Secara umum, tirai kayu venetian dan daun jendela perkebunan sangat bagus untuk menjaga suhu di dalam rumah. Karena, tirai dan jendela bahan itu bisa membatasi jumlah cahaya yang masuk ke dalam ruangan dengan mengubah ukuran celah di antara bilah.

"Kayu juga bertindak sebagai konduktor panas alami, sehingga membantu udara hangat keluar selama musim panas," katanya.

Jika Anda ingin menghalangi cahaya sinar matahari sepenuhnya, pilihlah tirai anti tembus pandang. Kainnya yang tebal tidak hanya membantu mengatur suhu rumah, tetapi juga memastikan Anda mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak selama musim panas.

Sumber : Suara.com