Penelitian: Baru 1 Dosis, Vaksin Moderna Efektif terhadap Varian Delta

Vaksin Moderna
12 Juli 2021 11:07 WIB Nancy Junita Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebanyak 3 juta dosis vaksin Moderna dari AS tiba di Tanah Air. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim pun memberi selamat kepada Indonesia akan hal itu. 

Dia mengatakan, bahwa Pemerintah AS akan memberikan 1 juta dosis vaksin tambahan kepada RI.  Maka, AS berencana memberikan 4 juta dosis vaksin kepada pemerintah.

Pengiriman tersebut merupakan bagian dari COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), sebuah inisiatif global untuk mendukung akses adil ke vaksin-vaksin Covid-19 yang aman dan efektif.

Seberapa efektif vaksin Moderna untuk mengatasi Covid-19?

Baca juga: Menaker Ida Dorong Perusahaan Realisasikan Vaksinasi untuk Pekerja

Dokter Adam Prabata di akun Instagram @adamprabata yang dipantau Senin (12/7/2021) menuliskan, bahwa penelitian terbaru menyatakan bahwa vaksin Moderna efektif terhadap varian Delta, bahkan meskipun baru mendapatkan satu dosis.

Dia menjelaskan bahwa, secara umum efikasi vaksin Moderna 94,1 persen untuk mencegah Covid-19 bergejala.

Efikasi adalah kemampuan suatu vaksin untuk menunda risiko penyakit pada kondisi optimal (uji klinis).

Kemudian, efektivitas 72 persen untuk mencegah Covid-19 bergejala. Dan, 96 persen efektif untuk mencegah pasien Covid-19 dirawat inap di rumah sakit.

Adam menambahkan, bahwa setelah 14 hari suntikan pertama, efektivitas vaksin Moderna sudah muncul untuk menurunkan risiko Covid-19 bergejala dan rawat inap.

 

 

Sumber : bisnis.com