Advertisement

Perempuan Lebih Berisiko Alami Long Covid-19?

Sartika Nuralifah
Selasa, 13 Juli 2021 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perempuan Lebih Berisiko Alami Long Covid-19? Ilustrasi demam - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Perempuan disebut lebih banyak mengalami long Covid-19 dan komplikasi pasca-Covid, berdasarkan hasil studi.

Telah diamati bahwa perempuan cenderung tidak terpengaruh oleh hasil yang parah, serta kematian akibat COVID-19, susunan genetik mereka dan sistem kekebalan memberi mereka keunggulan. Namun, wanita mungkin lebih terpengaruh daripada pria, sehingga menurut banyak ahli hal ini juga dapat memperburuk hasil kesehatan dan memicu long covid-19.

Advertisement

Long covid, secara statistic dapat dikatakan berdampak pada 1 dari 5 orang yang selamat dari COVID. Namun, ada beberapa yang memiliki risiko lebih tinggi terkena kondisi yang melemahkan, seperti wanita.

Bahkan para ahli terus melihat kompleksitas dan faktor-faktor yang menyebabkan COVID jangka panjang. Berikut adalah 3 faktor yang dapat meningkatkan peluang wanita untuk mengembangkan komplikasi pasca-COVID dilansir dari Times of India :

1. Sistem kekebalan yang lebih kuat dapat meningkatkan gejala kronis

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa wanita memiliki prevalensi lebih tinggi dari nyeri kronis dan sindrom kelelahan. Kedua kondisi tersebut diketahui memiliki gejala yang mirip dengan COVID jangka panjang, yang bisa menjadi salah satu kemungkinan alasan mengapa wanita saat ini lebih rentan.

Yang paling penting, para ahli telah merinci bagaimana sebagian besar kondisi ini terkait dengan aktivasi sel yang berlebih pada kekebalan dalam tubuh, yang dengan cepat mengenali bahkan fragmen patogen, dan memicu respons imun, dan jarang melepaskan sitokin yang membuat kita merasa tidak sehat.

Stimulasi berulang dan aktivitas kekebalan ini dapat menjadi faktor yang menyebabkan rasa sakit kronis, kelelahan, dan gejala lain yang terkait dengan COVID dan pasca-virus. Wanita juga ditemukan memiliki kadar IL-6 yang lebih tinggi daripada pria.

Studi klinis juga telah menetapkan bahwa sebagian besar kasus long COVID terjadi pada wanita perimenopause, yang dapat menjelaskan mengapa wanita berusia antara 40-60 memiliki risiko yang sangat tinggi. Beberapa penelitian kecil juga menetapkan bahwa risiko long COVID bisa berdampak buruk bagi wanita yang memiliki kondisi predisposisi atau penanda penurunan kekebalan. Namun, belum ada bukti konkret yang ditemukan.

2. Wanita lebih aktif melaporkan gejala daripada pria

Sebagian alasan mengapa wanita pada saat ini lebih mungkin menjadi penderita COVID dengan jangka waktu yang lama adalah karena mereka lebih cenderung melaporkan gejala, atau mencari perawatan untuk penyakit mereka daripada pria. Wanita telah terbukti memiliki risiko yang lebih tinggi dari rasa sakit kronis dan kelelahan. Menariknya, pola yang sama terlihat pada pelaporan gejala COVID pada tahap awal. Wanita, lebih mau melakukan tes, melaporkan gejala atau mendapatkan bantuan untuk penyakit mereka daripada pria.

3. Peningkatan hormon dapat meningkatkan intensitas gejala

Evaluasi baru-baru ini telah mengisyaratkan bagaimana perbedaan hormonal atau gejolak dapat secara signifikan mengubah respons vaksinasi pada wanita dan menyebabkan gejala seperti sakit perut, perubahan sementara pada siklus menstruasi mereka dan secara umum, dan efek samping yang lebih intens. Kemungkinan, perubahan hormonal juga bisa menjadi alasan mengapa wanita berisiko tinggi mengalami komplikasi pasca-COVID dan gejala yang meningkat, berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah hasil negatif.

4. Apa saja gejala yang umum?

Hingga saat ini ada 55 gejala pasca-COVID yang telah ditetapkan. Dari jumlah tersebut, gejala paling umum yang tampaknya mempengaruhi dan bertahan lebih lama adalah sesak napas, nyeri dada, batuk terus-menerus, kelelahan, nyeri tubuh, perubahan periode menstruasi, kecemasan, sulit tidur, kehilangan energi.

Mencari penanganan sejak dini adalah cara terbaik untuk mengatasi dan memerangi gejala-gejala ini. Sementara gejala pasca-COVID dapat memakan waktu cukup lama untuk pulih dan cukup menguras energi, pengobatan simtomatik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement