Ini Tips Merawat Diri agar Fisik dan Mental Lebih Sehat

Ilustrasi rileks agar sehat fisik dan mental - Viiva
16 Juli 2021 01:27 WIB Anissa Putri Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Versi perawatan diri yang sering dilakukan banyak orang seperti seperti mandi busa, masker wajah, meditasi harian, pijat, dan lainnya bukan satu-satunya cara untuk membuat fisik dan mental agar lebih sehat.

Cara perawatan diri yang paling ampuh adalah dengan menggunakan sesuatu yang selalu anda gunakan atau yang anda lakukan setiap hari.

BACA JUGA : Tips Merawat Diri untuk Ibu yang Sibuk Beraktivitas 

Berikut 8 tips yang dapat dilakukan apabila merasa sangat cemas, lelah, atau hanya ingin menambahkan sedikit relaksasi untuk diri Anda seperti dilansir dari Cosmopolitan.com:

1. Matikan Ponsel
Jika Anda memprotes padatnya isi ponsel, Anda tidak sendirian. Coba untuk menutup semuanya sejenak dan mengabaikan email kerja, teks, panggilan, dan notifikasi media sosial anda.

Ponsel Anda bahkan dapat membantu Anda dalam hal ini. Masuk ke pengaturan mode pesawat atau buat batas harian untuk aplikasi tertentu, sehingga Anda akan secara otomatis diingatkan ketika Anda terlalu lama menatap layar.

2. Minum Air
Otak dan tubuh Anda yang lelah akan berterima kasih apabila Anda tidak lupa untuk meminum air putih. Setiap hari, usahakan minum setengah dari berat badan Anda dalam satuan ons air. Misalnya, jika berat Anda 70 kg, cobalah minum 35 ons air.

3. Tidur Berkualitas
Mendapatkan tidur malam yang baik benar-benar dapat membuat tubuh Anda segar di pagi hari. Jenny Okolo, terapis okupasi senior dan koordinator di National Health Service di Inggris, merekomendasikan untuk berinvestasi di oasis tidur Anda demi mendapatkan tidur yang berkualitas dan tubuh menjadi lebih sehat.

4. Olahraga
Menggerakkan tubuh Anda adalah hal yang sangat baik. Olahraga teratur dikaitkan dengan kesehatan otak yang lebih baik. Menjaga fungsi otak kita penting karena memainkan peran peran besar dalam pikiran, emosi, dan perilaku kita.

Gerakan apa pun akan membuat darah Anda mengalir ke otak Anda, jadi jika Anda tidak berminat untuk melakukan olahraga berat, Anda dapat benar-benar berjalan-jalan sambil mendengarkan podcast favorit Anda.

5. Tulis Jurnal
Ada sejuta jurnal perawatan diri di pasaran saat ini, tetapi yang Anda butuhkan hanyalah sebuah pulpen dan selembar kertas. Berfokus pada pikiran, perasaan, atau sekadar mengulang hari Anda yang ada tulis dalam jurnal anda adalah kesempatan untuk refleksi diri.

6. Buka Jendela
Menghirup udara segar saat membuka jendela di pagi hari merupakan hal yang sangat menenangkan. Gunakan indera Anda untuk terhubung dengan pemandangan, bau, suara, dan tekstur di luar rumah Anda. Kesadaran sederhana ini dapat menutup stress dalam pikiran kita dan mengurangi tekanan yang mengalir melalui pembuluh darah.

7. Tetapkan Batasan
Menetapkan batasan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama dalam hal pekerjaan dan orang yang Anda cintai.
Mempelajari batasan Anda dan mempertahankannya membutuhkan waktu dan kesabaran dengan diri Anda sendiri, Tetapi dalam jangka panjang, itu bisa bekerja sangat baik untuk tingkat stres Anda.

8. Gelembung Napas
Lakukan latihan pernapasan super mudah yang disebut “gelembung napas”. Menemukan gelembung pernapasan satu menit di YouTube atau aplikasi meditasi apa pun dan melakukannya sekali atau dua kali sehari bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun kesadaran akan napas Anda dan berlatih secara bertahap.

BACA JUGA : Moms, Ini 6 Cara Mudah Ajarkan Cara Merawat Diri pada

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia