Advertisement

Benarkah Uap Air Panas Bisa Bunuh Virus Covid-19? Ini Kata Dokter

Newswire
Kamis, 22 Juli 2021 - 18:27 WIB
Nina Atmasari
Benarkah Uap Air Panas Bisa Bunuh Virus Covid-19? Ini Kata Dokter Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Di tengah kasus Covid-19 yang sedang melonjak, jalan keluar untuk menyembuhkan penyakit ini banyak diburu. Dalam kondisi ini, banyak beredar tips maupun cara agar dapat sembuh dari Covid-19.

Salah satu informasi yang banyak beredar adalah dengan cara menghirup uap panas. Informasi ini beredar melalui pesan berantai. Pesan tersebut berisi informasi tentang cara pencegahan Covid-19 menggunakan uap panas. Lantas benarkah menghirup uap panas dapat membunuh virus corona?

Advertisement

Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i memastikan bahwa kabar pencegahan Covid-19 menggunakan uap panas adalah hoaks.

Baca juga: Penelitian Terbaru: Penyintas Covid-19 Punya Antibodi hingga 9 Bulan

Sebab faktanya, hingga saat ini belum ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa uap panas dapat membunuh virus corona.

"Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika tidak merekomendasikan terapi uap. Sebab uap air tidak akan dapat menjangkau sel-sel di mana virus corona berada," kata dr. Fajri, dalam unggahan Instagramnya @dr.fajriddai belum lama ini.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa melakukan terapi penguapan air panas juga berbahaya. Karena dapat menimbulkan kecelakaan yang mengakibatkan kulit melepuh serta luka bakar serius pada wajah dan saluran pernapasan.

Baca juga: Air Dingin Atau Air Panas, Mana yang Lebih Tepat untuk Kompres Saat Cedera?

"Hal ini rentan terjadi terutama pada anak-anak jika dilakukan pada durasi > 15 menit, dan suhu air terlalu panas. Sejauh ini juga belum ada bukti ilmiah yang kuat terkait apakah benar kandungan di dalam eucalyptus yang dicampurkan ke dalam air panas, benar benar dapat membunuh virus penyebab Covid-19," lanjutnya

Menurut dr. Fajri, masih diperlukan penelitian uji klinis untuk membuktikan hal ini. Kesimpulannya adalah menghirup uap air panas an eucalyptus belum terbukti membunuh virus Covid-19. Sementara itu, tidak disarankan menghirup uap air panas karena dapat menimbulkan luka bakar.

Berita ini sudah ditayangkan di Okezone dengan judul : Uap Air Panas Dikira Bunuh Virus Corona, Ini Kata Dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement