Advertisement

Jangan Minum Kopi di Jam Segini jika Ingin Tidur Pulas Malam Hari!

Sartika Nuralifah
Senin, 26 Juli 2021 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Minum Kopi di Jam Segini jika Ingin Tidur Pulas Malam Hari! Ilustrasi - Walesonline

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -Jika Anda pernah menikmati secangkir kopi di sore hari dan membuat Anda tidak bisa tidur di malam hari, Anda mungkin sangat menyadari bahwa minum kafein yang terlalu dekat dengan waktu tidur bisa menganggu waktu istirahat Anda.

Tetapi mengapa ini benar-benar terjadi, dan seberapa dekat Anda bisa minum kopi dengan waktu tidur Anda? Berikut adalah penelitian yang menjelaskan sebaiknya dalam jangka waktu berapa lama kita harus berhenti minum kopi agar waktu tidur tidak terganggu.

Pertama, penting untuk diingat bahwa setiap orang memetabolisme kafein secara berbeda, jadi tidak semua orang akan meresponsnya dengan cara yang sama. Tapi yang kita tahu adalah tidak peduli siapa Anda, kafein dapat meningkatkan kadar kortisol, alias hormon stres.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Psikiater holistik Ellen Vora, MD, menjelaskan bahwa dibutuhkan sekitar enam jam bagi tubuh Anda untuk memetabolisme kafein. Perinciannya, setengah dari kafein yang menginduksi kortisol dan enam jam lagi untuk memetabolisme setengahnya.

"Secangkir kopi pada jam 9 pagi masih tertinggal di tubuh Anda sebelum tidur, dan minum secangkir kopi pada jam 3 sore secara efektif seperti meminum setengah cangkir kopi pada jam 9 malam," Katanya.

Penelitian baru menunjukkan bahwa kafein mungkin tidak memengaruhi fungsi tubuh tertentu (seperti detak jantung) sebanyak yang kita duga sebelumnya. Ahli gastroenterologi, Marvin Singh, MD, sebelumnya mengatakan bahwa ia masih merekomendasikan untuk minum sedikit saja jika hal itu membuat Anda mengalami kecemasan, sakit kepala, masalah pencernaan, dan tentu saja, sulit tidur.

Jadi dalam waktu berapa lama Anda harus berhenti minum kopi sebelum tidur?

Jadi, kapan Anda harus benar-benar mengurangi kafein jika Anda ingin memastikan bisa tertidur? Sekali lagi, ini akan tergantung pada orangnya, tetapi menurut sebuah penelitian yang meneliti asupan kafein nol, Anda harus berhenti minum setidaknya enam jam sebelum tidur.

"Konsumsi kafein bahkan 6 jam sebelum tidur dapat memiliki efek mengganggu pada ukuran tidur objektif dan subjektif" tulis hasil penelitian tersebut.

Advertisement

Penting juga untuk diingat bahwa minuman yang berbeda memiliki jumlah kafein yang berbeda. Jika secangkir kecil teh hijau di sore hari mungkin tidak memengaruhi tidur Anda, tapi dua kopi 16 ons di sore hari mungkin akan memengaruhi tidur Anda.

Kita semua memetabolisme kafein secara berbeda, jadi rekomendasi menyeluruh tidak selalu berlaku untuk semua orang. Jika konsumsi kafein memengaruhi tidur Anda, Anda dapat membatasi jumlah yang Anda minum juga.

 

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Terungkap, Lukas Enembe Tersangka Suap dan Gratifikasi Proyek APBD Papua

News
| Senin, 26 September 2022, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement