Advertisement

Pakar: Sarapan Mengandung Protein Lebih Banyak Hasilkan Otot Dibandingkan Makan Malam

Meuthia Novianthree Nafasya
Rabu, 28 Juli 2021 - 06:37 WIB
Sunartono
Pakar: Sarapan Mengandung Protein Lebih Banyak Hasilkan Otot Dibandingkan Makan Malam Telur sebagai sumber protein hewani - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Studi terbaru mengungkapkan jika mengonsumsi protein di pagi hari atau saat sarapan menyebabkan pertumbuhan otot yang lebih besar dibandingkan saat makan di malam hari.

Seorang Profesor Shigenobu Shibata, yang merupakan penulis utama dalam penelitian tersebut, mengatakan bahwa temuannya itu sangat mendukung seseorang untuk mengonsumsi banyak protein di pagi hari.

Advertisement

BACA JUGA : Protein Hewani Penting untuk Mendukung Perbaikan Gizi

Untuk manusia pada umumnya, asupan protein saat sarapan rata-rata sekitar 15 gram (g), lebih sedikit dari yang kita konsumsi saat makan malam, yaitu sekitar 28 gram.

"Temuan kami sangat mendukung perubahan norma ini dan mengonsumsi lebih banyak protein saat sarapan atau waktu camilan pagi,” kata Prof. Shigenobu yang dikutip dari medicalnewstoday pada, Selasa (27/7/2021).

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung protein saat sarapan dan makan siang dapat meningkatkan pertumbuhan otot yang lebih kuat.

“Kami pada dasarnya siap untuk pertumbuhan, kekuatan, hipertrofi di pagi hari. paling aktif secara metabolik atau dalam keadaan (pertumbuhan) yang berpotensi anabolik,” kata Dr. Bailey, Ahli Gizi Akupuntur.

Kemudian, para peneliti melakukan penelitian mengenai ada tidaknya efek samping dari mengonsumsi protein di pagi hari.

Penelitian dilakukan pada dua kelompok tikus laboratorium yang diberi makan protein dalam bentuk suplemen asam amino baik saat sarapan atau makan malam.

BACA JUGA : Protein Nabati Punya Manfaat Luar Biasa, Kedelai Baik

Penelitian menghasilkan bahwa saat sarapan protein hanya terdiri dari 8,5 persen dari makanan yang dikonsumsi. Sedangkan saat makan malam, mereka mengonsumsi persentase protein yang lebih tinggi yaitu 11,5 persen. Kendati demikian, pertumbuhan otot lebih besar pada kelompok tikus yang mengonsumsi protein saat sarapan.

Selain itu, peneliti juga merekrut 60 wanita yang asupan protein hariannya sesuai dengan rekomendasi para ahli kesehatan Jepang. Separuh wanita dilaporkan mereka lebih banyak mengonsumsi protein di pagi hari.

Meskipun tidak ada perbedaan antara kedua kelompok dalam hal tingkat aktivitas, massa tubuh, tinggi badan, BMI, massa lemak, fungsi fisik, atau asupan makanan, kelompok yang mengonsumsi protein di pagi hari memiliki massa otot lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mantan Rektor UNY dan Bupati Gunungkidul Bersaing Dapatkan Dukungan Partai di Pilkada

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 19:12 WIB

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement