5 Masalah Kesehatan yang Muncul Akibat Pemakaian Lipstik

Ilustrasi. - Freepik
29 Juli 2021 23:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Lipstik merupakan salah satu jenis make up yang umum dipakai wanita. Namun kebanyakan wanita tak mengetahui berbagai risikonya untuk kesehatan.

Melansir dari Healthshots, sebuah studi oleh Berkeley School of Public Health di University of California mengungkapkan bahwa sebagian besar lip gloss dan lipstik yang tersedia saat ini mengandung kadar kromium, timbal, aluminium, kadmium, dan beberapa bahan beracun lainnya yang berbahaya.

Terlebih lagi, penelitian ini juga mencatat bahwa paparan terus menerus pada lipstik dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, terutama pada orang-orang yang mengoleskan lipstik lebih dari dua hingga tiga kali dalam periode 24 jam.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Ini pada Kulit, Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung

Dengan penggunaan reguler, ada risiko menerima jumlah kromium yang berlebihan di mana terkait dengan terjadinya tumor perut.

Selain itu, kandungan phthalates pada lipstik juga berbahaya bagi sistem endokrin. Kehadiran timbal menyebabkan beberapa risiko kesehatan jangka panjang.

Polietilen glikol juga hadir dalam produk berbasis lipstik krim atau lipcream yang dapat menimbulkan bahaya kesehatan bagi sistem saraf Anda.

Paraben umumnya ditemukan dalam lipstik dan dapat dengan mudah menembus ke dalam kulit. Kandungan ini diketahui menyebabkan beberapa efek samping, termasuk depresi dan diare.

Secara lebih rinci, berikut adalah bahaya lipstik yang memicu 5 masalah kesehatan, antara lain:

1. Menyebabkan toksisitas dalam tubuh

Penjelasan sebelumnya telah menunjukkan berbagai jumlah bahan beracun dalam lipstik, jadi kemungkinan besar tubuh Anda akan menyerap racun ini. Bahkan, tanpa disadari, perempuan terkadang menelan bahan-bahan tersebut.

2. Alergi kulit

Lipstik memiliki bahan kimia yang disebut bismut oxychloride untuk pengawetan yang bisa menyebabkan alergi kulit.

3. Kanker

Sebagian besar bahan lipstik bersifat karsinogenik, kemungkinan terkena kanker dari lipstik juga memungkinkan.

Faktanya, bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan lipstik menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti batuk, iritasi mata, mengi dan alergi lainnya. Dalam kasus ekstrem, kanker bisa terjadi.

4. Perubahan pada sistem endokrin

Lipstik mengandung petrokimia yang dapat menyebabkan perubahan besar pada sistem endokrin. Jika itu terjadi, tubuh Anda mengalami beberapa masalah dalam kemampuan kognitif dan reproduksi.

5. Gagal ginjal

Dalam kasus ekstrim, gagal ginjal juga bisa terjadi akibat penggunaan lipstik secara teratur. Ini karena kandungan kadmium dalam jumlah besar dalam lipstik.

Tumor perut juga merupakan masalah lain yang bisa terjadi karena adanya bahan kimia beracun dalam lipstik.

Sumber : Suara.com