Advertisement

Bagi Perempuan, Jerawat Bukan Hanya Masalah Kulit, tapi Juga Kesehatan Mental

Newswire
Jum'at, 30 Juli 2021 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
Bagi Perempuan, Jerawat Bukan Hanya Masalah Kulit, tapi Juga Kesehatan Mental Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang menyerang tubuh terutama area wajah. Bagi perempuan, jerawat bukan hanya masalah kulit, sebab pada perempuan kondisi ini bisa berefek pada kesehatan mental.

Perempuan berjerawat memiliki kekhawatiran yang kuat tentang penampilan mereka hal ini yang kemudian memengaruhi kesehatan mental dan emosional.

Melansir dari Medical Xpress, John S. Barbieri, M.D., dari University of Pennsylvania di Philadelphia bersama timnya melakukan wawancara semi-terstruktur terhadap perempuan berjerawat. Wawancara dilakukan dengan 50 perempuan dewasa (berusia 18 sampai 40 tahun) dengan jerawat sedang sampai berat.

Baca juga: Kenali Tanda Anak Mengalami Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Penelitian menunjukkan bahwa para peserta penelitian mengalami kekhawatiran tentang penampilan terkait jerawat. Mereka juga takut bahwa kondisi tersebut akan memengaruhi kehidupan sosial, profesional, dan pribadi mereka. Bahkan tak sedikit peserta yang mengaku bahwa mereka mengubah perilaku mereka karena jerawat mereka.

Pada penelitian ini, peserta umumnya melaporkan depresi, kecemasan, dan isolasi sosial. Mereka baru merasa lega dan terlepas dari jerawat jika memiliki kulit yang bersih tanpa jerawat dan bekasnya.

Frustrasi perempuan dengan jerawat ini bukan hanya terkait pada jerawat yang di kulit mereka, namun juga sulitnya menemukan dokter kulit yang membuat mereka nyaman dan mengidentifikasi perawatan yang efektif.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Ini pada Kulit, Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung

"Temuan ini menunjukkan bahwa memastikan akses ke perawatan dan mengidentifikasi pendekatan pengobatan yang optimal untuk perempuan dengan jerawat diperlukan untuk meningkatkan hasil dalam populasi ini," tulis para penulis penelitian yang telah diterbitkan di JAMA Dermatology.

Jerawat sendiri merupakan masalah kulit yang sangat umum, bisa disebabkan oleh hormon, produk perawatan kuli, hingga tipe kulit itu sendiri.

Karena jerawat tak hanya berpengaruh pada kulit, ada baiknya jika orang sekitar tidak meledek atau mempermalukan orang berjerawat karena bisa berpengaruh pada kesehatan mental mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement