Tips Mewaspadai Pembobolan Rekening dengan SIM Swap

Ilustrasi SIM Card - Reuters
21 Agustus 2021 16:07 WIB Thomas Mola Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Masyarakat resah karena maraknya kasus pembobolan rekening bank. Kominfo pun mengajak masyarakat mewaspadai SIM Swap yang umumnya bertujuan membobol rekening bank.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan SIM Swap adalah upaya pengambilalihan SIM card korban oleh oknum, sehingga SIM card korban sama sekali tidak dapat digunakan. Di sisi lain, SIM card baru memiliki seluruh akses dan mendapatkan setiap manfaat fitur terkait, misalnya akses transaksi rekening bank korban.

"Peningkatan penggunaan layanan telekomunikasi perlu diimbangi dengan peningkatan kewaspadaan terhadap kejahatan atau fraud transaksi online seperti perbankan atau uang elektronik terutama yang memanfaatkan fitur-fitur dalam bertelekomunikasi seperti dalam kasus kejahatan SIM SWAP," kata Kominfo melalui akun Youtube, Sabtu (21/8/2021).

Kominfo memberikan 5 tips terhindar dari SIM Swap karena banyak pelaku kejahatan mengincar data pribadi dan finansial untuk mendapatkan OTP.

1. Jangan memberikan data finansial kepada siapapun. Data finansial itu berupa user name, password, OTP, PIN, kartu kredit dan lainnya.

2. Secara berkala mengganti password khususnya untuk layanan keuangan.

3. Berhenti membagi data pribadi Anda di media sosial termasuk menginput data pada situs-situs palsu.

4. Jika SIM Card Anda tiba-tiba tidak bisa melakukan atau menerima panggilan telepon, SMS dan akses lainnya, segera menghubungi operator seluler Anda untuk memblokir SIM Card Anda.

5. Jika ada transaksi tidak dikenal pada rekening Anda, segera menghubungi pihak bank untuk memblokir rekening Anda.

Sumber : bisnis.com