Susah Tidur Selama WFH? Psikolog Ungkap Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi. - Freepik
01 September 2021 23:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat banyak karyawan harus mengikuti aturan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Namun, aktivitas ini ternyata bisa menimbulkan dampak, salah satunya membuat susah tidur.

Jika Anda masih WFH dan mengalami masalah tidur, coba pertimbangkan pertanyaan ini, apakah Anda kerap bekerja di kamar atau tempat tidur?

Jika ya, sangat mungkin itu menjadi biang keladi atau masalah susah tidur yang Anda derita.

Baca juga: Orang Pintar & Jenius Suka Lakukan Kebiasaan Ini

Dikatakan, bekerja di kamar tidur terutama kasur bisa berakibat tubuh jadi sulit tidur saat waktu istirahat malam.

Kenapa bisa begitu?

Psikolog Klinis Inez Kristanti menjelaskan, ketika tempat tidur bercampur dengan area bekerja, tubuh jadi tidak bisa membedakan waktu istirahat dengan waktu beraktivitas.

"Tubuh jadi tidak terkondisikan, tidak belajar. Kalau kita sudah di kasur itu waktunya untuk istirahat," kata Inez saat konferensi pers daring Good Doctor, Rabu (1/9/2021).

Dengan begitu, saran Inez, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan area bekerja dari tempat tidur agar tidak lagi mengalami insomnia selama WFH.

Baca juga: Tips Cara Melepaskan Pasangan Toxic, Walau Anda Masih Cinta

Jika masih juga kesulitan tidur, Inez menyarankan untuk melakukan latihan pernapasan 478 setiap malam.

"Jadi kita ambil napas empat ketukan, menahannya tujuh ketukan, kemudian dihembuskan irit-irit sampai delapan ketukan," jelasnya.

Cara tersebut agar tubuh jadi lebih santai dan siap untuk beristirahat. Saran lainnya, bisa lakukan peregangan pada otot tubuh yang kaku akibat terlalu lama duduk selama WFH.

Meski akan beristirahat, otot tubuh juga butuh rileks saat akan dibaringkan.

"Kadang-kadang kita juga bisa benefit dari relaksasi. Kita coba merelakskan otot yang kurang enak, coba streching dulu. Saat dirilis mungkin bisa jadi lebih relaks dan harapannya jadi bisa tidur," pungkasnya.

Sumber : Suara.com