Salah Satu Efek Samping Tidak Minum Teh: Kehilangan Kesempatan Tidur Nyenyak

Teh chamomile bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan. - Healthline
20 September 2021 23:37 WIB Dinda Aulia Ramadhanty Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu jenis minuman yang digemari di seluruh dunia adalah teh. Ada orang yang menikmati teh pada waktu pagi hari dan ada juga di waktu sore hari. 

Teh memiliki banyak kegunaan yang dapat bertahan lama seperti mengurangi risiko kanker, membantu mengurangi berat badan, dan bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Dilansir dari eatthis.com, Senin (20/9/2021) berdasarkan pada suatu penelitian, efek samping terbesar ketika tidak minum teh adalah memungkinkan kehilangan akan kesempatan untuk memperoleh tidur nyenyak. 

Penelitian menunjukkan bahwa tipe tertentu pada kafein dan teh herbal memiliki kemampuan membantu tubuh tertidur lebih cepat dan bahkan mampu mengembangkan kualitas istirahat. 

Baca juga: Segini Kadar Vitamin D yang Dibutuhkan Tubuh

Menurut laporan dari Nature and Science of Sleep, insomnia dan masalah terkait tidur lainnya dapat memiliki efek sementara dan jangka panjang pada tubuh.

Beberapa efek jangka pendek dari tidak tidur nyenyak ialah peningkatan tingkat stres, perkembangan gangguan mood tertentu, dan gangguan memori serta kemampuan kognitif.

Lalu efek potensial jangka panjang dari insomnia yakni termasuk peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Baca juga: Jus Buah Manis Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Hal baiknya, teh telah terbukti menjadi penyebab yang membantu dalam mengurangi insomnia.  Suatu studi dari Penelitian Pengobatan Integratif menyimpulkan bahwa minum teh herbal secara konsisten selama periode empat minggu dapat membantu mengurangi keparahan gejala insomnia.

Sebuah studi pada 2017 dari Nutrients menemukan bahwa teh hijau rendah kafein membantu mengurangi stres pada orang dewasa paruh baya, yang menyebabkan tidur lebih baik secara keseluruhan.

Mereka menyimpulkan bahwa ini mungkin karena kadar "theanine" yang ditemukan dalam teh hijau yaitu asam amino yang diketahui membantu menurunkan tingkat stres.  

Untuk mendapatkan kualitas teh hijau yang meningkatkan kualitas tidur, penting untuk memilih satu dengan kadar kafein rendah.

Selain teh hijau, terdapat teh chamomile juga dikenal dapat membantu mengatasi masalah tidur.  Menurut Journal of Education and Health Promotion, teh chamomile mampu meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi stres, dan bahkan terbukti membantu menurunkan kecemasan dan gejala depresi, yang merupakan faktor umum dari gangguan tidur.

Sumber : Bisnis.com