Awas! Jenis Sarapan Ini Lezat tapi Mempercepat Proses Penuaan

Sereal manis -
24 September 2021 13:07 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Makan makanan sehat dapat membantu Anda hidup lebih lama dengan menurunkan risiko penyakit kronis, menurut CDC dan WHO.

Jika Anda ingin mempertahankan pola makan yang sehat dan memulai hari Anda dengan benar, sarapan adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Tapi bagaimana Anda bisa tahu makanan mana yang terbaik dan mana yang harus dihindari? 

Menurut Trista Best, MPH, RD, LD di Balance One Supplements, banyak makanan sarapan populer, terutama yang kita makan mengandung gula dan karbohidrat olahan yang sangat tinggi, yang diketahui menyebabkan kesehatan usus dan meningkatkan penuaan.

Berikut adalah beberapa makanan sarapan yang mempercepat proses penuaan yang harus diwaspadai dilansir dari Eat This :

1. Pancake

Pancake tentu saja merupakan pilihan sarapan yang lembut dan lezat, tetapi dengan semua mentega, gula, dan tepung olahan, mereka tidak terlalu baik untuk kesehatan kita.

Gula bersifat pro-inflamasi dan mempromosikan mikrobioma yang tidak sehat, yang adalah resep umum untuk mempercepat proses penuaan.

2. Bacon dan sosis

Bacon dan sosis adalah makanan pokok sarapan yang populer, tetapi banyak jenis daging olahan telah dikaitkan dengan percepatan penuaan.

Jenis daging ini biasanya mengandung pengawet yang disebut nitrat, yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan bahwa konsumsi daging merah olahan dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi secara umum.

Studi ini juga menyatakan bahwa mengonsumsi daging olahan secara teratur juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan jenis kanker tertentu.

3. Sereal

Semangkuk sereal dengan susu favorit Anda mungkin merupakan salah satu makanan tercepat dan termudah untuk dimakan saat sarapan, tetapi makanan manis ini dapat membuat Anda menua lebih cepat dari yang Anda sadari.

Sereal yang mengandung tepung olahan, karbohidrat, dan gula sangat meradang.

4. Kue-kue

Semua orang menyukai kue sarapan hangat seperti roti gulung kayu manis, muffin, atau croissant saat Anda membutuhkan sesuatu yang cepat dan dalam perjalanan. Tetapi mengkonsumsi ini secara teratur dapat membuat Anda menua lebih cepat karena banyak alasan.

Makanan sarapan dengan tambahan gula seperti kue kering, makanan yang dipanggang, dan pilihan olahan lainnya dengan gula dan lapisan gula dapat berkontribusi pada penuaan Anda lebih cepat karena asupan gula tambahan jangka panjang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Makan terlalu banyak gula tambahan juga dapat berkontribusi pada lebih banyak penuaan fisik di kulit Anda karena pembentukan AGEs (produk akhir glikasi lanjutan).

Anda juga akan menua lebih cepat ketika Anda makan makanan secara teratur yang tinggi gula dan karbohidrat olahan tetapi rendah serat dan nutrisi. Karena itu, penting untuk mendapatkan karbohidrat berserat tinggi dan protein tanpa lemak dalam sarapan Anda sebanyak mungkin.

Sarapan sehat yang dianjurkan

Memasukkan makanan anti-inflamasi dalam sarapan Anda penting untuk membantu meringankan keausan alami yang terjadi dalam proses penuaan.

Jadi, ketika Anda memilih sarapan untuk pagi hari, alih-alih meraih sereal, panekuk, atau croissant, cobalah makan sesuatu seperti telur dan alpukat, atau oatmeal dengan biji rami di atasnya.

Sumber : bisnis.com