Ini 8 Camilan Sehat untuk Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Popcorn - Istimeewa
07 Oktober 2021 14:17 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Bagi Anda yang sangat suka makan camilan atau mengemil, Anda dapat mengganti camilan Anda dengan yang sehat.

Oat dan oatmeal misalnya, sarat dengan serat larut yang mengikat kolesterol LDL (jahat) dan membawanya keluar dari tubuh kita.

Berdasarkan banyak studi klinis, termasuk studi penting Harvard terhadap lebih dari 40.000 dokter pria di Journal of American Medical Association, diet tinggi serat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner 40 persen lebih rendah.
 
National Lipid Association mengatakan makan setidaknya 5 hingga 10 gram serat larut sehari dapat membantu Anda menurunkan kolesterol total dan LDL hingga 11 poin atau lebih.
 
Lantas apa saja camilan sehat yang dapat menurunkan kolesterol Anda? Berikut rekomendasinya, melansir Eat This, Kamis (7/10/2021).

1. Edamame

Camilan tradisional dari Jepang ini merupakan kedelai yang belum diolah, yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida karena mengandung serat larut dan β-Conglycinin. Ahli diet kardiologi Michelle Routhenstein, MS, RD, CDE, menjelaskan, Beta-Conglycinin bekerja untuk menurunkan kadar trigliserida dengan meningkatkan sensitivitas hati Anda terhadap insulin.

2. Sarden

Meskipun sarden adalah makanan ringan yang tidak biasa, tetapi mereka menyehatkan jantung dan anti-inflamasi.
 
“Dua ons sarden atau salmon kalengan dengan crudité pilihan Anda penuh dengan asam lemak omega-3 yang telah terbukti membantu menurunkan kadar trigliserida,” katanya.

3. Popcorn

Popcorn mengandung sekitar empat gram serat makanan penurun kolesterol per porsi.
 
“Untuk membuat popcorn lebih sehat dan sangat rendah kalori, saya sarankan menambahkan sedikit minyak zaitun dan keju parmesan daripada mentega,” kata Clara Lawson, RDN, ahli gizi terdaftar yang bekerja dengan USA Hemp.

4. Pistachio dan irisan apel

Pilihan camilan enak lainnya adalah apel dengan segenggam pistachio. Sebuah apel mengandung serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan kandungan pitosterol pistachio telah terbukti juga meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

5. Oat bar

Oat bar rendah gula buatan sendiri adalah sumber serat yang sangat baik dan membuat camilan lebih mudah daripada oatmeal biasa.

6. Roti sprouted grain

Mereka adalah roti padat nutrisi yang terbuat dari biji-bijian utuh dan seringkali kacang-kacangan yang sudah mulai berkecambah.
 
“Sebarkan sedikit mentega almond pada sepotong roti gandum yang dipanggang dan Anda memiliki makanan ringan yang penuh dengan lemak dan serat sehat untuk membantu mengurangi kolesterol,” kata ahli gizi Lisa Richards, penulis The Candida Diet

7. Salsa kacang hitam

Kacang-kacangan dan polong-polongan kaya akan serat larut sehingga sangat baik sebagai bagian dari resep makan siang dan makan malam, tetapi Anda juga bisa menjadikannya camilan.
 
“Satu porsi salsa kacang hitam  bersama dengan keripik gandum utuh yang dipanggang hanya mengandung sekitar 80 kalori dan nol kolesterol,” kata Lawson.

8. Keripik buatan sendiri

Keripik kentang adalah salah satu camilan paling asin dan paling tidak sehat yang bisa Anda makan. Kecuali Anda membuatnya sendiri. Kentang secara alami tinggi serat dan rendah kalori dan kaya potasium yang menjaga tekanan darah pada tingkat yang terkontrol.

Lawson menyarankan untuk menaburi kentang dengan minyak zaitun dan panggang dalam oven.

Sumber : bisnis.com