C, D dan B, Vitamin Terbaik untuk Otak Sehat dan Pintar

Otak - medicaldaily.com
08 Oktober 2021 17:27 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Vitamin, mineral dan asam amino esensial adalah serangkaian nutrisi yang dibutuhkan manusia karena membantu organ tubuh berfungsi dengan benar. Dengan demikian, vitamin C, vitamin D dan kelompok vitamin B merupakan mikronutrien terbaik untuk kesehatan otak.
 
Di sisi lain, otak merupakan salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia dan organ yang fungsinya sangat vital bagi manusia. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga otak Anda tetap berfungsi dengan baik.
 
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin tertentu menawarkan efek positif untuk meningkatkan fungsi otak dan melindungi kerusakan mental. Vitamin ini dapat diperoleh baik dari makanan maupun melalui suplemen.
 
Sebenarnya semua vitamin sangat penting untuk kesehatan organisme dan banyak di antaranya penting untuk kesehatan otak. Namun, beberapa di antaranya menonjol karena relevansinya.
 
Apa saja vitamin-vitamin tersebut? Berikut pilihan vitamin terbaik untuk menjaga otak Anda tetap sehat dan kuat, melansir Tododisca, Jumat (8/10/2021).

1. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang membantu dalam produksi neurotransmiter, yang mempengaruhi hampir semua elemen kehidupan dalam organisme. Terutama, mereka mempengaruhi kemampuan untuk mengingat informasi, menjaga konsentrasi, suasana hati, kecanduan atau mimpi. Dengan demikian, vitamin ini adalah kunci dalam stimulasi neurotransmiter ini.
 
Berbagai penelitian juga telah menentukan bahwa vitamin C membantu mempertahankan organisme terhadap penyakit neurodegeneratif. Ini karena nutrisi ini melawan radikal bebas, yang terkadang menyebabkan kerusakan signifikan pada otak.
 
Kekuatan antioksidan vitamin C melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Namun, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa efek antioksidan vitamin C juga dapat ditingkatkan dalam kombinasi dengan vitamin E.
 
Vitamin C juga membantu meningkatkan mood, mendetoksifikasi organisme, mengurangi kelebihan glutamat dan meningkatkan sirkulasi darah, di antara manfaat lain dari nutrisi penting ini.

2. Vitamin D

Vitamin D, pertama dan terutama, meningkatkan kesehatan dan perkembangan otak. Dalam hal ini, wanita hamil perlu memiliki tingkat mikronutrien yang optimal untuk perkembangan otak janin yang tepat.
 
Demikian pula anak-anak di usia dini juga membutuhkan vitamin D yang cukup agar otaknya terus berkembang. Selain itu, mereka juga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan gigi.
 
Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa vitamin ini dapat mencegah gangguan kognitif atau demensia. Ini juga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh dan untuk mengurangi risiko berbagai penyakit.

3. Vitamin B

Selain vitamin C dan D, nutrisi penting lainnya untuk kesehatan otak adalah kelompok vitamin B, diantaranya B6, B9 dan B12 yang paling menonjol. Semuanya memiliki karakteristik khusus yang menjadi relevan bagi kesehatan otak.
 
Menurut Nutrivita, penting memiliki kadar vitamin B12 yang cukup, karena kekurangan yang berlebihan dapat menyebabkan kehilangan memori atau keadaan kabut otak; selain menjadi salah satu faktor utama terjadinya anemia megaloblastik.
 
Singkatnya, untuk meningkatkan kesehatan otak Anda, disarankan untuk mengikuti diet seimbang dan sehat di mana semua nutrisi penting untuk organisme, seperti vitamin C, vitamin D atau vitamin B, hadir. Terkadang juga diindikasikan untuk mengonsumsi suplemen agar memiliki kadar yang memadai.

Sumber : bisnis.com