Sederet Fakta Seputar Buah, Termasuk Jadwal yang Tepat untuk Mengonsumsinya..

Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu. - Boldsky
18 November 2021 11:37 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Makan buah membawa manfaat baik bagi tubuh yakni menjadi sehat. 

Sama halnya dengan manfaat konsumsi sayuran, buah-buahan juga penting dikonsumsi setiap hari. Dua porsi buah mentah dapat memberikan tubuh Anda nutrisi untuk berfungsi dengan baik.

Bahkan buah juga membantu Anda tetap terhidrasi, dan membantu Anda menurunkan berat badan. Tetapi untuk mendapatkan manfaat makan buah-buahan ini, Anda perlu memakannya pada waktu yang tepat dan mengombinasikannya dengan benar.

Berikut beberapa fakta konsumsi buah yang harus Anda ketahui seperti dilansir dari Times of India :

1. Mengapa Anda tidak boleh mengombinasikan buah dengan makanan lain?

Buah-buahan rusak dengan cepat dibandingkan dengan makanan lainnya. Mengombinasikannya dengan makanan lain dapat menyebabkan pembentukan racun dalam tubuh, yang dikenal sebagai ama. Pasalnya, memasangkan makanan dapat menurunkan proses pencernaan.

Buah-buahan harus tinggal di perut selama makanan terberat dibutuhkan untuk dicerna, sehingga sulit bagi tubuh untuk menyerap nutrisi. Selain itu, mengonsumsi buah dengan produk susu seperti susu dan yoghurt dapat menyebabkan kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim.

Buah umumnya berwarna cerah. Warna cerah buah melambangkan energi yang berhubungan dengan api. Saat dimakan mentah, buah-buahan membantu merangsang api pencernaan, meningkatkan kesehatan pencernaan dan membuat perut lebih kuat. Memasak menyebabkan hilangnya api pencernaan dan nutrisi sehat. Jadi, tidak akan ada manfaat dari makan buah-buahan yang dimasak.

2. Waktu yang tepat untuk makan buah

Ketika Anda memiliki semangkuk buah sama pentingnya dengan bagaimana Anda memilikinya. Menurut Ayurveda, waktu yang tepat untuk makan buah adalah di pagi hari dengan perut kosong. Saat itulah perut Anda bisa menyerap nutrisi maksimal dari buah-buahan. Juga, karbohidrat sederhana paling baik dikonsumsi di pagi hari dan sebelum dan sesudah latihan. Lemak, protein, dan karbohidrat kompleks rendah paling baik dikonsumsi setelah matahari terbenam.

3. Kapan kamu bisa makan buah di siang hari?

Anda juga bisa menjadikannya sebagai camilan di antara waktu makan Anda untuk mengurangi rasa lapar Anda. Makan buah di antara waktu makan dapat memberi Anda vitamin dan mineral penting dan juga mencegah Anda mengunyah makanan yang tidak sehat. Jam 11 pagi atau 4 sore adalah waktu terbaik untuk makan buah-buahan. Jika Anda terlambat sarapan dan makan siang, maka tunggulah selama 30 hingga 40 menit untuk mendapatkan buah-buahan.

4. Mengapa buah harus dikonsumsi sebelum matahari terbenam

Makan buah di malam hari dapat mengganggu jadwal tidur dan proses pencernaan. Jadi, Ayurveda merekomendasikan untuk makan buah sebelum jam 4 sore atau sebelum matahari terbenam. Buah-buahan adalah karbohidrat sederhana yang berarti dapat dipecah dengan cepat, meningkatkan kadar gula darah secara instan dan memberikan energi instan. Lonjakan gula darah menjelang waktu tidur dapat mengganggu tidur Anda. Selain itu, setelah matahari terbenam, metabolisme kita melambat dan sistem pencernaan sulit mencerna karbohidrat. Jadi, lebih baik membatasi asupan karbohidrat di malam hari.

Sumber : bisnis.com