6 Rasa Macaron Teraneh yang Pernah Ada di Dunia

Macaron rasa Wasabi
26 November 2021 10:37 WIB Intan Riskina Ichsan Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Macaron merupakan salah satu makanan penutup yang menarik dengan gigitan kecilnya. Rasa klasik yang paling populer adalah rasa cokelat dan raspberry.

Macaron telah ada selama berabad-abad di Prancis, dilatarbelakangi dari Hari Bastille pada 14 Juli memperingati penyerbuan benteng besar Bastille pada tahun 1789 yang memicu Revolusi Prancis. Hari itu dirayakan secara luas untuk memanjakan masyarakat pada macaron.

Dibuat dengan meringue yang mengapit krim mentega, selai, atau ganache, ternyada ada macaron yang memiliki rasa aneh. Berikut 6 rasa macaron teraneh yang bisa kamu coba dilansir dari SBS French:

1. Bloody Mary, saus Sriracha dan Tequila shot

Serangkaian rasa aneh ini disajikan di Zumbaron Day 2017, hari di mana pastry chef Australia Adriano Zumbo meracik lusinan macarons spesial. Ia memang kerap kali membuat macaron dengan rasa unik, sebelumnya ia pernah membuat macaron rasa kari hijau Thailand, Red Bull dan vodka, serta serta makaroni ayam goreng.

2.  Burger Keju

Macaron ini terlihat seperti burger keju mini. Dapat ditemukan di Ooomph Café & Foodstore, East Gosford, Australia. Pengganti roti burgernya terbuat dari macaron polos, sedangkan pengganti daging sapinya adalah karamel yang dicelupkan ke dalam cokelat dan kacang, sausnya terbuat dari selai dan pengganti keju terbuat dari cokelat putih.

3. Cheetos

Christina Ha, dari Macaron Parlour, di New York, mengambil inspirasi dari Cheezels Amerika untuk membuat macaron rasa Cheetos. Menurut seorang penulis dari Cosmopolitan, cangkang macaronnya berbahan dasar meringue seperti biasa namun berwarna jingga. Saat digigit rasanya menjadi aneh dan membingungkan karena agak manis tapi rasa kejunya cukup kuat seperti memakan krim Cheetos.

4. Vegemite

Vegemite adalah selai buah khas Australia yang terbuat dari brewer yeast sejenis ragi. Selai ini memang memiliki bau yang aneh dan rasa yang cukup unik, apalagi jika disajikan dalam macaron. Macaron ini disajikan dari The Scran Line.

5.  Wasabi

Saat baru diparut,wasabi bisa menjadi lezat, tapi lain cerita dengan macaron wasabi. Macaron ini dapat dicoba dengan mengikuti kelas bersama koki Prancis Frédéric Terrible di sekolah kue keringnya di Denmark.

6. Darah babi

Macaron darah babi disajikan Andoni Luiz Aduriz di restoran Mugaritz pada tahun 2012. Koki Spanyol ini hanya mengganti putih telur dalam resep dengan darah babi untuk memberikan penghormatan pribadinya pada masakan Prancis. Isinya akan berubah sesuai musim, mulai dari foie gras hingga susu domba. Macaron ini mungkin sudah tidak tersedia lagi.

Sumber : bisnis.com