Advertisement

Jangan Kelebihan Vitamin dan Suplemen Ini! Bisa-bisa Rambutmu Rontok

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 03 Desember 2021 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Kelebihan Vitamin dan Suplemen Ini! Bisa-bisa Rambutmu Rontok Rambut rontok - huffingtonpost

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Terlalu banyak mengonsumsi vitamin dan suplemen bisa memicu masalah lain pada tubuh. Salah satunya adalah kerontokan rambut.

Kerontokan rambut adalah hal yang wajar, meskipun jika Anda kehilangan lebih dari 125 helai rambut sehari, Anda mungkin mengalami penipisan. 

Advertisement

Rambut rontok, yang secara medis dikenal sebagai alopecia, cukup umum. Diperkirakan, misalnya, sekitar 40 persen wanita berusia 70 tahun atau lebih mengalami kebotakan pola wanita, di mana fase pertumbuhan rambut melambat.

Klinik Transplantasi Rambut Wimpole mengatakan selenium yang berlebihan, dan terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, bisa menyebabkan kerontokan rambut. Karena itu, Anda harus membatasi jumlah asupannya.

Baca juga: Puluhan Desainer Tampilkan Karya Tren Fesyen 2022

Dilansir dari Express, Organisasi Kesehatan Dunia mencantumkan "alopecia" sebagai akibat dari toksisitas vitamin A kronis.

Selain itu, penelitian yang dilakukan pada tahun 2018, yang mengulas 47 makalah penelitian lain tentang topik ini, mengidentifikasi vitamin A yang berlebihan sebagai salah satu agen toksik terpenting yang terlibat dalam pengembangan alopecia.

Sementara itu, jumlah selenium yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa orang.

Menurut para peneliti di University of Surrey, mengonsumsi terlalu banyak selenium menciptakan terlalu banyak enzim antioksidan. Kelebihan enzim antioksidan ini menyebabkan tubuh menyerang sel-selnya sendiri, termasuk yang ada di folikel rambut, yang mengakibatkan kerontokan rambut.

Meskipun demikian, untuk pertumbuhan rambut yang sehat, nutrisi, vitamin, dan mineral sangat penting. Pasalnya, menurut Pusat Restorasi Rambut New Jersey mengatakan kekurangan nutrisi yang menyebabkan rambut rontok bervariasi.

Situs tersebut mengatakan bahwa kekurangan zat besi "adalah bentuk yang sangat umum" dari kekurangan nutrisi dan penyebab utama kerontokan rambut.

Karena zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh aliran darah, tanpa zat besi yang cukup, sel darah tidak dapat memberikan oksigen yang cukup ke tubuh, mengakibatkan gejala seperti rambut rontok, kuku rapuh, dan kelelahan.

Mereka juga mengatakan bahwa seng adalah "nutrisi penting untuk rambut sehat" karena memainkan "peran penting dalam sel dan fungsi kekebalan dan sintesis protein".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemudik Inilah Jalur Alternatif Masuk Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement