Advertisement

Tak Perlu Keluar, Ini Cara Seru Merayakan Natal di Rumah Bersama Keluarga

Newswire
Rabu, 22 Desember 2021 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Perlu Keluar, Ini Cara Seru Merayakan Natal di Rumah Bersama Keluarga Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Perayaan Hari Natal akan segera tiba. Meskipun situasi pandemi Covid-19 berangsur membaik dan pembatasan mobilitas dan kegiatan selama Natal dan tahun baru diperlonggar, merayakan Natal di rumah bersama keluarga masih menjadi salah satu opsi terbaik dalam situasi saat ini.

Selain lebih aman dan tidak terlalu khawatir dengan paparan Covid-19 yang terus bermutasi, perayaan Natal di rumah bisa jauh lebih berkesan daripada liburan ke luar kota atau luar negeri, atau hanya sekadar makan di restoran.

Merayakan Natal di rumah akan terasa lebih intim dan akrab. Rasa kebersamaan dan euforia Natal yang hanya datang setahun sekali akan sangat berkesan ketika dirayakan bersama orang-orang tersayang.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan selama periode libur Natal tanpa perlu keluar rumah. Tidak perlu berjibaku di tengah keramaian libur Natal dan tahun baru, bermacet-macetan karena mobilitas orang yang bertambah, atau tidak perlu mengantre di tempat wisata atau restoran karena pengunjungnya yang membludak.

Dekoruma telah mengumpulkan beberapa aktivitas seru sebagai ide untuk merayakan Natal bersama keluarga di rumah. Dijamin, Anda dan keluarga tidak akan kehabisan hal untuk dilakukan. Tetap produktif, semakin banyak berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya, dan menghasilkan hubungan yang semakin dekat dan harmonis.

Baca juga: Apakah Rambut Rontok Bisa Tumbuh Lagi? Ini Kata Pakar

1. Menghias Pohon Natal Bersama
Pohon natal biasanya sudah dipasang di awal bulan Desember dan bisa jadi aktivitas awal dalam rangkaian tradisi perayaan Natal keluarga. Sediakan waktu rutin di sela-sela aktivitas sehari-hari untuk menghias pohon natal dengan berbagai dekorasi yang indah.

Misalnya, setiap malam sebelum tidur, di akhir pekan, atau ketika tanggal merah atau libur nasional. Libatkan semua anggota keluarga yang ada di rumah. Mulai dari memilih dan membeli hiasan pohon natal yang diinginkan, membagi tugas saat mendekorasi, dan merapikan dekorasi yang sudah terpasang.

Akan timbul rasa puas dan bangga ketika pohon natal yang dihias bersama akhirnya berdiri tegak dan tampil menawan sesuai keinginan seluruh anggota keluarga.

Advertisement

2. Mendekorasi Rumah dengan Dekorasi Natal
Bukan cuma pohon natal, Anda bisa menghadirkan suasana perayaan Natal yang maksimal di rumah dengan memasang beragam dekorasi khas Natal di seluruh penjuru rumah. Dimulai dengan christmas wreath atau lingkaran cabang pohon natal yang ditaruh di depan pintu.

Kemudian, dekorasi-dekorasi yang lebih kecil dan menggemaskan seperti stoking natal, kalender adven, pita, miniatur sinterklas, topi sinterklas, ornamen kereta salju dengan rusa, orang-orangan salju, dan masih banyak lagi ornamen-ornamen khas Natal lain.

Kerja sama dan kebersamaan dalam proses memasang berbagai dekorasi ini akan semakin mendekatkan seluruh anggota keluarga yang terlibat. Rumah pun siap menyambut hari Natal yang segera datang.

Advertisement

Baca juga: Berry, Yogurt, dan Kentang, Makanan Diet Sehat yang Wajib Dicoba!

3. Membuka Hadiah Bersama di Pagi Natal
Tradisi membuka hadiah bersama di pagi hari setelah bangun tidur pada hari Natal adalah tradisi yang sangat menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Sistem yang diterapkan bisa berupa secret santa yang berarti pengirim hadiahnya tidak diketahui oleh penerimanya.

Selama kegiatan ini berlangsung, akan banyak seruan, ekspresi senang dan puas karena mendapatkan banyak hadiah yang diinginkan dari anggota keluarga yang lainnya. Semua yang mendapatkan hadiah akan berterima kasih dan mengenang momen Natal ini untuk waktu yang lama.

4. Makan Malam pada Saat Malam Natal
Makan malam bersama keluarga di malam Natal atau malam pada tanggal 24 Desember juga merupakan tradisi yang tidak boleh terlewatkan. Anda bisa memesan catering atau layanan pesan antar khusus paket makanan-makanan khas Natal. Namun, memasaknya sendiri akan lebih berkesan dan semakin mempererat hubungan.

Advertisement

Di pagi hari, Anda sekeluarga mulai menyiapkan bahan makanan dan memasaknya. Setiap orang punya tugas masing-masing dalam menyelesaikan beragam jenis makanan dan minuman yang lezat. Ketika sudah jadi, cita rasanya tidak kalah dengan makanan dari restoran dan tentunya rasa puas dan bangga antara satu sama lain akan lebih terasa. Makan malam hari itu pun akan sangat berkesan.

5. Memanggang Kue Khas Natal
Selain makanan, memanggang aneka kue khas Natal juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kudapan manis seperti gingerbread cookies, tiramisu, christmas pudding, cheesecake, atau kue-kue ikonik Natal lainnya bakal menjadi makanan pendamping yang semakin mempermanis perayaan Natal di rumah Anda.

Ajak anak-anak untuk membantu melakukan pekerjaan ringan seperti memarut keju, menimbang tepung, dan mencampurkan bahan-bahan untuk membuat kue-kue ini. Setelah dipanggang, kue khas Natal bisa disajikan setelah makan malam bersama atau untuk aktivitas santai lainnya.

Advertisement

6. Menonton Film Bertema Natal
Film-film bertema Natal mungkin tidak punya kualitas yang sama dengan film-film box office. Namun, yang terkadang tidak bisa diberikan oleh film box office adalah cerita yang heartwarming, romantis, lucu, atau menarik. Film bertema Natal mampu menghadirkan emosi-emosi ini ketika ditonton sendiri atau bersama keluarga.

Dengan pesan-pesan tentang kebahagiaan Natal, lakukan maraton film-film Natal favorit Anda dan keluarga. Layanan streaming film dan acara TV biasanya sudah punya daftar putar berisi film-film bertema Natal selama bulan Desember.

Matikan lampu ruang keluarga, siapkan snack yang sudah dibuat sebelumnya, dan tontonlah dengan posisi santai dan nyaman bersama orang-orang tersayang di sekeliling Anda.

Bukan hanya makna spiritual bagi umat Kristiani yang merayakan, libur dan perayaan Natal bersama keluarga juga jadi waktu untuk bersantai, keluar dari rutinitas dan kesibukan sejenak, serta mengambil banyak waktu berkualitas bersama keluarga.

Sumber : suara.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Hajad Dalem Sekaten 2022 Kembali Digelar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Jogja
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

TGIPF Tragedi Kanjuruhan Diminta Selesaikan Tugas dalam Sebulan

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement