Advertisement

Bisa Turunkan Berat Badan, Intip Manfaat Lari Pagi!

Newswire
Rabu, 22 Desember 2021 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bisa Turunkan Berat Badan, Intip Manfaat Lari Pagi! Ilustrasi olahraga lari - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Lari pagi atau jogging memliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain untuk menjaga imunitas, jogging juga bisa membakal kalori sehingga menjaga berat badan Anda tetap stabil.

Apalagi, lari adalah salah satu olahraga yang dan tidak membutuhkan banyak biaya. Jogging sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun banyak orang memilih untuk jogging di pagi hari. Tujuan utama jogging adalah untuk mempertahankan tempo gerakan tanpa menyebabkan banyak ketegangan pada tubuh.

Advertisement

Selain mudah dilakukan, lari pagi memiliki segudang manfaat. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat lain dari lari pagi seperti dilansir dari Highend.

Meningkatkan Energi

Olahraga di pagi hari mampu meningkatkan stamina untuk menjalani aktivitas seharian. Manfaat jogging di pagi hari bisa membuat otak lebih fokus dengan energi yang lebih tinggi dihasilkan.

Ketika joging, tubuh melepaskan hormon yang disebut endorfin yang membantu mengangkat semangat dan membuat Anda merasa positif pada diri sendiri. Ini membuat Anda akan merasa tenang dan segar sesaat setelah jogging.

Baca juga: Berry, Yogurt, dan Kentang, Makanan Diet Sehat yang Wajib Dicoba!

Kualitas Tidur jadi Lebih Baik

Banyak studi yang menunjukkan bahwa lari pagi mampu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Penelitian menemukan bahwa lari pagi berkontribusi lebih banyak untuk membuat tidur lebih nyenyak terutama bagi orang-orang yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Dibanding olahraga di sore atau malam hari.

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan merupakan manfaat utama lari pagi untuk diet. Lari menjadi salah satu olahraga yang cukup berpengaruh dalam meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh mampu membakar kalori lebih optimal.

Tidak harus langsung lari dengan intensitas yang tinggi. Anda bisa mulai dengan joging santai selama 20 menit tapi dilakukan rutin supaya hasilnya lebih efektif.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Olahraga ringan seperti jogging, memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Ini berlaku untuk kedua penyakit jangka pendek, seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang, seperti diabetes. Jogging menghilangkan kelelahan, meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan membangun kekebalan.

Artikel ini sudah tayang di Okezone dengan judul "4 Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Palestina Kecam Veto AS Soal Keanggotaan Penuh di PBB

News
| Jum'at, 19 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement