Advertisement

Ini Sederet Makanan Pelancar ASI, Murah dan Gampang Ditemui kok!

Newswire
Rabu, 05 Januari 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Sederet Makanan Pelancar ASI, Murah dan Gampang Ditemui kok! Foto ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Ibu menyusui kerap mengalami masalah suplai ASI yang rendah. Namun, kekhawatiran Anda akan suplai ASI yang rendah tidak perlu terlalu berlebihan.

Jika persediaan ASI Anda sedikit, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter spesialis sehingga dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan produksi.

Advertisement

Namun, Anda juga bisa melakukan beberapa cara alami dengan mengonsumsi makanan pelancar produksi ASI. Melansir dari berbagai situs Healthline, Senin (3/1/2022), berikut ini beberapa makanan pelancar ASI yang penting diketahui para Ibu.

1. Ubi, bit, dan wortel

Beta karoten dalam ini yaitu sayuran merah dan oranye yang penting untuk produksi ASI. Ubi, bit, dan wortel memiliki manfaat tambahan dalam memasok zat besi dan mineral.

2. Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran berdaun hijau gelap juga bisa menjadi sumber enzim, vitamin , dan mineral penting yang luar biasa dan berguna untuk meningkatkan produksi ASI. Adapun sayuran berdaun hijau gelap tersebut meliputi kubis, arugula, bayam, sawi hingga daun katuk.

Baca juga: Jatuh Cinta dengan Sahabat? Ini Cara Menyatakannya

3. Pepaya hijau

Pepaya hijau mengandung enzim , vitamin, dan mineral. Buahan ini sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat baik. Bagi wanita yang sedang menyusui, mengonsumsi buahan ini sangat berguna untuk memperlancar ASI. Untuk mengonsumsinya, harus direbus sampai cukup lunak.

4. Biji adas

Biji adas secara luas dianggap dapat meningkatkan produksi susu. Sayuran ini, bisa dimakan mentah atau dimasak. Denhan mengonsumsi ini, akan membantu para ibu mendapatkan ASI yang lancar untuk si bayi.

5. Biji-bijian

Selain sifat antibiotik dan anti-inflamasinya, biji-bijian seperti oat juga bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI. Oat ini berga untuk melepaskan oksitosin, yakni hormon yang terlibat dalam produksi ASI. Adapun biji-bijian lainnya untuk memperlancar ASI yaitu wijen, millet, beras merah, dan barley.

6. Buncis dan lentil

Kacang-kacangan, seperti buncis dan lentil telah lama disebut-sebut karena khasiatnya untuk meningkatkan ASI. Oleh karena itu, ibu menyusui dianjurkan mengonsumsi sayuran ini agar produksi ASI lancar.

Demikian informasi mengenai rekomendasi makanan palencar ASI untuk ibu menyesui. Semoga informasi bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Zona Lama TPA Banyuroto Dirancang Jadi RTH, Zona Baru Bisa Tampung Sampah 5 Tahun ke Depan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Video Viral Kejadian Unik, Truk Melaju Tanpa Sopir di Tol Kalikangkung Semarang

News
| Kamis, 18 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement