Advertisement

Perawatan untuk Rambut Keriting & Kering

Jumali
Kamis, 13 Januari 2022 - 15:07 WIB
Jumali
Perawatan untuk Rambut Keriting & Kering Rambut Keriting - Freepik

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA - Perawatan rambut keriting tidak semudah merawat rambut lurus. Sebab rambut keriting cenderung mudah kusut dan lebih sulit diatur. Apalagi jika rambut keriting dan kering, kamu perlu tahu cara mengatasi rambut kering agar tetap lembut terawat.

Berikut tips perawatan untuk rambut keriting dan kering, seperti dilansir dari Halodoc, Rabu (12/1/2022) :

Advertisement

1. Pilih sampo yang tepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih sampo yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Untuk rambut yang kering, pilihlah sampo dengan bahan yang mampu melembapkan rambut. Contohnya seperti minyak argan, minyak zaitun, minyak almond atau minyak argan. Kandungan minyak ini biasanya mampu mengunci kelembapan rambut lebih lama sehingga rambut tampak lembut dan halus.

2. Oleskan kondisioner

Kamu mungkin juga butuh kondisioner untuk meningkatkan kelembapan rambut. Salah satu cara agar helai rambut terhidrasi adalah dengan menggunakan deep conditioner. Bedanya dengan kondisioner biasa, deep conditioner memerlukan waktu lebih lama agar kandunganya menyerap sempurna pada rambut. Ketika terserap dengan baik, kondisioner dapat memberi rambut kelembapan dalam waktu lama. Penggunaan kondisioner juga bisa membuat rambut lebih lentur dan halus sehingga mengurangi keriting.

3. Keringkan rambut dengan benar


Apakah kamu sering mengeringkan rambut menggunakan haidryer? Kalau iya, kebiasaan yang satu inu mungkin salah satu penyebab rambut kering. Setelah keramas, rambut yang basah sangat rapuh, sehingga kamu tidak boleh asal mengeringkannya supaya tidak rontok.

Gunakan kain lembut seperti katun atau handuk microfiber yang tidak akan menimbulkan gesekan terlalu banyak. Mengeringkan rambut dengan benar juga membantu mencegah rambut kering karena cara ini mampu menyerap kelebihan air tanpa menghilangkan kelembapan rambut.

4. Gunakan minyak rambut

Selain memberikan nutrisi untuk rambut, minyak rambut juga efektif untuk mengunci kelembapan rambut. Oleskan beberapa tetes minyak ke tangan dan ratakan dengan mengusap atau sedikit menyisir-nyisir rambut. Selain memberi kelembapan, minyak rambut juga bisa mengurangi keriting sehingga rambut terlihat lebih ikal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement