Ciri Gangguan Mental pada Remaja

Ilustrasi depresi. - JIBI
14 Januari 2022 03:47 WIB Jumali Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Gangguan mental dewasa ini mulai menjangkiti remaja. Hal ini tidak bisa lepas dari perkembangan mental di usia puberitas yang dialami. Oleh karena itu perlu adanya pendeteksian, utamanya dalam ciri-ciri gangguan mental yang biasa dialami oleh remaja.

Adapun ciri dari gangguan mental yang muncul di anak remaja biasanya berbeda-beda. Meski ada garis besar yang bisa kita lihat dari tanda-tanda umum gangguan mental yang dialami oleh remaja.

Berikut ciri gangguan mental yang dialami oleh remaja, dirangkum dari sejumlah sumber :

1. Tidak bisa mengontrol emosi

Tidak bisa mengontrol emosi biasa sangat terlihat dari anak remaja yang punya gangguan mental. Terkadang mereka terlihat sedih dan marah yang meledak-ledak tanpa alasan yang jelas.

2. Perubahan perilaku yang tidak wajar

Perubahan perilaku yang tidak wajar, seperti mengamuk dan mudah tersinggung paling terlihat pada remaja yang mengalami gangguan mental.


3. Prestasi di sekolah menurun

Gangguan mental pada remaja biasanya akan berdampak kepada penurunan prestasi di sekolahnya.

4. Gangguan tidur dan makan

Gangguan mental pada remaja umumnya juga diikuti gangguan tidur dan makan. Hal ini terlihat dari kebiasaan anak remaja suka begadang.

5. Melakukan kebiasaan buruk

Beberapa remaja yang mengalami gangguan mental akan melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, atau konsumsi obat-obatan terlarang.

6. Mengeluh sakit fisik

Remaja yang punya masalah mental akan muncul gejala fisik, seperti mengeluh sakit kepala, sakit perut, sakit punggung, atau nyeri pada otot-otot.