Advertisement

Minyak Goreng Langka, Ini Cara Mudah Membuat Minyak Kelapa

Daffa Firdaus Najati/ST20
Sabtu, 26 Februari 2022 - 06:37 WIB
Budi Cahyana
Minyak Goreng Langka, Ini Cara Mudah Membuat Minyak Kelapa Kelapa - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Minyak goreng belakangan langka meski beberapa toko masih menjualnya. Kelangkaan minyak goreng ini menyulitkan orang Indonesia yang mayoritas makanannya dimasak menggunakan minyak.

BACA JUGA: Tips Simpan Tempe Agar Tidak Cepat Busuk

Advertisement

Namun, terdapat solusi untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng ini, yaitu menggunakan air fryer atau membuat minyak kelapa sendiri untuk minyak goreng.

Menggunakan air fryer dianggap menjadi solusi ketika minyak sedang langka, air fryer tidak memerlukan minyak namun bisa membuat makanan tetap renyah seperti digoreng. Selain praktis, memasak menggunakan air fryer juga dianggap lebih sehat karena tidak menggunakan minyak goreng.

Maxine Yeung, pakar diet teregistrasi di AS menjelaskan makanan yang digoreng dengan air fryer pasti memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada makanan yang diolah dengan minyak goreng.

Namun, air fryer mahal harganya. Terdapat solusi lain untuk tetap dapat memasak menggunakan minyak, yaitu membuat sendiri minyak kelapa untuk minyak goreng. Berikut caranya:

  1. Siapkan kelapa yang telah dikupas, kemudian pecah dan ambil dagingnya. Air kelapa ditampung di wadah yang telah disiapkan.
  2. Cuci daging kelapa lalu parut.
  3. Campurkan parutan kelapa dengan air kelapa. Dengan mencampurkan keduanya, dapat menghasilkan blendo yang manis gurih dan juga mengurangi limbah produksi.
  4. Uleni campuran parutan dan air tersebut. Kemudian peras untuk mengambil santannya.
  5. Panaskan santan kelapa sambil diaduk. Pemanasan santan dapat dihentikan apabila minyak yang terpisah dari blendo agak kekuningan.
  6. Tunggu hingga dingin, lalu saring minyak dari blendo untuk mendapat minyak yang bersih dan jernih.

BACA JUGA: Tips Simpan Santan Bisa Tahan Lama

Selain baik untuk menggoreng, minyak kelapa juga memiliki manfaat sebagai sarana pengobatan alami, mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, serta bisa mengobati infeksi saluran kemih dan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement