Advertisement

Ini 5 Makanan yang Bisa Melancarkan Siklus Menstruasi

Daffa Firdaus Najati/ST20
Sabtu, 26 Februari 2022 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Ini 5 Makanan yang Bisa Melancarkan Siklus Menstruasi Kurma - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagian perempuan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, bisa terlalu cepat atau lebih lambat dari biasanya. Hal tersebut disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti stres, makan tidak teratur, perubahan hormon, dan kurangnya aktivitas fisik atau olahraga.

BACA JUGA: Trik Atasi Setrika Lengket

Mengubah pola hidup sehat akan membantu melancarkan menstruasi. Salah satu upayanya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa membantu melancarkan siklus menstruasi. Berikut lima makanan tersebut:

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Pepaya

Pepaya dianggap sebagai obat alami untuk membuat siklus menstruasi lebih lancar. Buah ini merupakan sumber karoten yang dapat membantu mempercepat proses estrogen dalam tubuh. Selain itu, pepaya juga dapat menyebabkan kontradiksi dalam rahim dan membantu menumpahkan lapisan rahim sehingga dapat membawa siklus menstruasi lebih awal. Oleh sebab itu, wanita hamil diminta untuk menghindari buah pepaya terutama pada awal-awal kehamilan.

Wanita yang menginginkan siklus menstruasi menjadi lancar sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya secara rutin.

Kurma

Kurma adalah makanan yang dapat menghasilkan panas dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kurma akan berefek pada siklus menstruasi mereka. Selain itu, kurma juga merupakan sumber zat besi, vitamin c, folat, dan mineral yang dapat melancarkan menstruasi.

Jahe

Advertisement

Jahe dapat berfungsi mengatur aliran darah dalam tubuh, jahe juga dipercaya dapat merangsang kontraksi rahim. Untuk dapat memperlancar menstruasi, jahe bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya ke berbagai olahan, salah satunya adalah membuat minuman hangat dengan jahe.

BACA JUGA: Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong

Kunyit

Advertisement

Kunyit dapat meringankan masalah menstruasi, meningkatkan produksi estrogen, dan mengurangi kadar progesteron. Kunyit juga dianggap memiliki efek antispasmodik, sehingga dapat membuat siklus menstruasi menjadi lancar dan teratur. Kunyit dapat dikonsumsi menjadi minuman hangat, jamu, atau mencampurkannya ke dalam makanan berkuah.

Kacang dan Biji-bijian

Mengkonsumsi kacang dan biji-bijian dapat bermanfaat untuk kesuburan dan kesehatan reproduksi. Beberapa jenis kacang juga dapat bekerja untuk memperbaiki siklus menstruasi yang tidak lancar. Contohnya adalah kacang almond dan kenari yang kaya akan serat, protein, serta omega-3 yang dapat memperlancar siklus menstruasi secara alami.

 

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Penataan Kawasan Kumuh di Sungai Gajah Wong Dapat Apresiasi Bank Dunia

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Meghan Markle Mengeluh Tak Digaji saat Jalani Tur Kerajaan

News
| Senin, 26 September 2022, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement