Advertisement

Sensitivitas Tes PCR Kumur Tinggi

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 16 Maret 2022 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sensitivitas Tes PCR Kumur Tinggi Alat uji untuk mendeteksi Covid-19 dengan metode kumur (gargling) yakni BioSaliva yang merupakan inovasi terbaru hasil kolaborasi Bio Farma dan perusahaan rintisan bioteknologi Nusantics. - Antararn

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Sebuah penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa PCR kumur memiliki sensitivitas yang tinggi untuk mendeteksi Covid-19.

Berdasarkan penelitian tersebut, didapatkan sensitivitas 91,38% untuk PCR kumur bila dibandingkan dengan PCR nasofaring dan orofaring untuk spesimen swab dengan CT value <35.

Advertisement

Dr. Adam Prabata melalui akun Instagram @adamprabata, memaparkan bahwa penelitian ini melibatkan total 310 orang di RSUP Dr. Kariadi dan RS Nasional Diponegoro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PCR kumur dapat menjadi salah satu pilihan metode pemeriksaan untuk Covid-19, selain melalui hidung (nasofaring) atau mulut (orofaring).

Usap hidung dan usap tenggorokan tidak nyaman bagi kebanyakan orang. Tes berbasis air liur atau kumur menawarkan pilihan yang jauh lebih nyaman yang cepat dan mudah untuk diselesaikan. Namun, banyak yang bertanya-tanya tentang keakuratannya dibandingkan dengan usap hidung.

Menurut tinjauan data yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, angka di antara keduanya sebanding. Tes usap hidung atau tenggorokan memiliki akurasi 85 persen dalam mendeteksi infeksi positif Covid-19, dan tes berbasis air liur berada di belakang dengan tingkat keberhasilan 83 persen.

Studi juga melaporkan bahwa pengujian berbasis air liur cukup akurat dalam mengidentifikasi kasus negatif dengan benar, dengan tingkat akurasi 99 persen. Tinjauan data merupakan kompilasi dari enam belas studi yang melibatkan 5.900 peserta.

Jika Anda telah terpapar virus atau berencana bepergian, Anda perlu dites. Anda dapat memilih dari opsi pengujian, termasuk tes PCR cepat dan tes antigen cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement