Advertisement

Ada Riwayat Kolesterol Tinggi dalam Keluarga Anda? Rutin Minum Ini!

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 Maret 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ada Riwayat Kolesterol Tinggi dalam Keluarga Anda? Rutin Minum Ini! Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah - Freepik.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau jika Anda berisiko tinggi mengalami kondisi tersebut, tidak selalu apa yang Anda makan bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Apa yang Anda minum juga dapat memengaruhi kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Berikut adalah empat kebiasaan minum yang harus Anda ikuti jika kolesterol tinggi menurun dalam keluarga Anda seperti dilansir dari Eat This:

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

1. Minum teh hijau, hitam, atau oolong

Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia setelah air. Hijau (tidak difermentasi), hitam (difermentasi penuh), dan oolong (setengah difermentasi) berasal dari tanaman Camellia sinensis yang sama, yang memberikan penurun kolesterol dan manfaat kesehatan jantung lainnya.

Kesehatan jantung teh dikaitkan dengan flavonoidnya yang melimpah termasuk flavan-3-ols, yang merupakan senyawa tanaman alami yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Advanced in Nutrition mengevaluasi hasil dari 37 studi yang diterbitkan sebelumnya dan melaporkan bahwa peserta studi yang minum 2-3 cangkir (16 ons) teh per hari mengurangi risiko penyakit jantung sekitar 8-12 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh.

2. Jus delima

Warna merah cerah dari buah delima disebabkan oleh pigmen polifenol dalam buahnya. Selain polifenol, buah delima kaya akan flavonoid, lignan, dan triterpen. Banyak dari senyawa ini adalah antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya.

Ada banyak penelitian yang dipublikasikan yang menunjukkan bagaimana 100% jus delima meningkatkan kesehatan jantung. Jus delima dapat membantu mengurangi kolesterol teroksidasi untuk memperlambat pertumbuhan penumpukan plak di arteri.

3. Minum anggur merah

Anggur merah dalam jumlah sedang (satu gelas per hari untuk wanita; dua gelas per hari untuk pria) telah lama dikenal menyehatkan jantung. Salah satu cara anggur merah meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang bermanfaat dan menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya.

Penelitian mengaitkan beberapa senyawa bioaktif dalam anggur merah dengan manfaat penurun kolesterolnya termasuk resveratrol, catechin, epicatechin, quercetin, dan anthocyanin. Ingatlah selalu bahwa jika Anda tidak minum, tidak disarankan untuk mulai meningkatkan kolesterol Anda. Dan, dalam hal alkohol, lebih banyak tidak lebih baik.

Advertisement

4. Minum susu oat

Penelitian selama beberapa dekade membuktikan bahwa oat efektif dalam menurunkan kolesterol. Oat kaya akan jenis unik serat larut — beta-glukan — yang membantu menjebak kolesterol dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Susu oat adalah sumber terkonsentrasi beta-glukan dan dianggap bertanggung jawab untuk menurunkan kolesterol total dan LDL. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika subjek minum susu gandum, dibandingkan dengan minuman nabati lainnya, kadar kolesterol dapat menurun sekitar 6 persen. Untuk minuman oat yang paling sehat, cari yang tanpa gula tambahan,

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual sebagai Peserta Pemilu 2024

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Forum Tembang Tidar Ajak Masyarakat Kelola Sanitasi

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement