Advertisement

Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Kuku

Novita Sari Simamora
Senin, 02 Mei 2022 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Kuku Tanda-tanda kolesterol tinggi dari kuku tangan. Kenali gejalanya. - Express

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Anda yang sedang merayakan Hari Raya Idulfitri atau Lebaran, sangat penting untuk mengontrol konsumsi daging. Konsumsi yang berlebihan bisa mengakibatkan kolesterol tinggiGejala kolesterol bisa terlihat dari kuku tangan. 

Meski tidak semua kolesterol berbahaya, jenis yang dijuluki 'buruk' ini bisa membahayakan kesehatan Anda. Itulah mengapa penting untuk menjaga level Anda tetap terkendali. Meskipun sulit untuk mengidentifikasi kolesterol karena tidak terkait dengan banyak gejala, ada satu tanda yang mungkin bisa membantu.

Advertisement

Monika Wassermann, Direktur Medis di Olio Lusso mengatakan bahwa Kolesterol tinggi atau LDL jahat tidak memiliki gejala khusus, sehingga gejala tersebut bisa dideteksi dengan melakukan tes darah.

Namun, Wassermann membocorkan rahasia, bahwa ada tanda yang bisa terlihat di tubuh, bila kolestrol sudah sangat tinggi. Tanda bahwa kolesterol sudah tinggi, bisa dilihat dari kuku Anda.

Baca juga: Resep Salad Buah Segar, Cocok Buat Hidangan Idulfitri

“Tingkat kolesterol tinggi menyebabkan penyumbatan arteri Anda. Ini masalahnya; kolesterol ekstra disimpan di arteri Anda, membentuk plak. Plak akan membuat arteri menyempit,” seperti dikutip dari Express, Senin (2/5/2022).

Dia mengungkapkan bahwa arteri yang sempit atau tersumbat, akan membatasi aliran darah ke berbagai bagian tubuh Anda, termasuk kuku. Ini bisa membuat garis-garis gelap di kuku Anda.

"Garis-garis gelap di bawah kuku Anda adalah salah satu cara untuk menemukan tanda  kolesterol," tambah Wassermann.

Tanda ini kadang-kadang juga disebut sebagai perdarahan sempalan. Medline Plus menggambarkannya sebagai garis tipis, merah hingga coklat kemerahan di bawah kuku Anda. Garis-garis ini juga biasanya berjalan ke arah pertumbuhan kuku.

Advertisement

Kendati begitu, daripada menduga-duga, maka pakar kesehatan sangat menyarankan Anda untuk melakukan tes darah.

Meskipun tanda ini mungkin menunjukkan kolesterol tinggi, cara terbaik untuk mengetahui kadarnya adalah dengan melakukan tes darah. Anda dapat mengambil darah dari lengan Anda atau tes tusukan jari.

Jika kondisi Anda dikonfirmasi, dokter Anda akan memilih tindakan terbaik untuk mengendalikan kolesterol Anda kembali.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mau ke Solo dari Stasiun Maguwo? Cek Jadwal KRL Hari Ini

Jogja
| Rabu, 25 Mei 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Subsidi Minyak Goreng Curah Disetop Mulai 31 Mei 2022

News
| Rabu, 25 Mei 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement