Advertisement

Kebiasaan yang Bikin Anda Cepat Tua

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 01 Juni 2022 - 11:07 WIB
Jumali
Kebiasaan yang Bikin Anda Cepat Tua Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Sebuah studi dari Harvard menunjukkan bahwa asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi dikaitkan dengan kematian yang lebih rendah. Anda tidak dapat mengubah apa yang Anda alami secara genetik, tetapi Anda dapat mengendalikan faktor-faktor lain yang akan membantu Anda tetap terlihat lebih muda.

Sayangnya, terdapat beberapa kebiasaan sehari-hari yang wajib Anda hindari karena dapat membuat Anda lebih cepat menua.

Berikut 9 kebiasaan yang membuat Anda lebih cepat tua, dilansir dari Eat This Not That

1. Photoaging Karena Terkena Sinar Matahari Sinar matahari dapat merusak kulit Anda. Dalam jangka pendek, itu bisa berarti melawan sengatan matahari yang menyengat, tapi ada juga konsekuensi jangka panjang yang mengintai di dalam kulit.

Matahari membuat kulit menua sebelum waktunya. Disebut photoaging, ini bisa menyebabkan kanker kulit. Tanda-tanda photoaging ini adalah adanya kerutan, perubahan pigmentasi, bintik-bintik, kulit kasar, dan lainnya.

2. Minum Soda

Konsumsi soda yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan penyakit secara independen dari perannya dalam obesitas. Konsumsi soda manis secara teratur dapat mempengaruhi perkembangan penyakit metabolik melalui penuaan sel yang dipercepat. Dosis gula yang sangat tinggi yang dapat kita masukkan ke dalam tubuh kita secara unik beracun bagi metabolisme.

3. Kurang Olahraga

Fleksibilitas yang rendah di usia 20-an dan 30-an dapat menyebabkan beberapa masalah di kemudian hari, yang utama adalah nyeri sendi atau otot dan tampilan bungkuk secara keseluruhan. Ada beberapa jenis latihan tertentu yang dapat membantu Anda mengendurkan otot dan persendian, seperti yoga atau pilates. Tetapi Anda juga dapat meningkatkan fleksibilitas dengan melakukan kardio atau angkat besi.

4. Tidur Terganggu

Advertisement

Mereka yang menderita sleep apnea sebenarnya bisa menua lebih cepat daripada kita semua. Jika Anda memilikinya, segera temui dokter. Meningkatnya tingkat keparahan gangguan pernapasan saat tidur (SDB) dan gangguan tidur dikaitkan dengan percepatan usia epigenetik, terlepas dari faktor pembaur yang terukur. Hubungan ini lebih kuat pada wanita daripada pria.

5. Stres

Stres membuat Anda menua. Telomer adalah ujung kromosom, struktur di dalam setiap sel yang mengandung gen. Seiring waktu, telomer semakin pendek. Ketika cukup pendek, sel mati. Stres kronis menyebabkan telomer lebih pendek. Orang dengan telomer yang lebih pendek berisiko lebih besar untuk beberapa penyakit utama, termasuk penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Advertisement

6. Anda Tidak Beristirahat

Setiap 45-90 Menit Begitu Anda bekerja keras di meja Anda, akan sulit untuk mengingatkan diri sendiri bahwa Anda telah duduk diam untuk waktu yang lama. Postur tubuh yang baik itu penting, tetapi juga sangat penting untuk mengatur ulang postur Anda hanya dengan bergerak.

Istirahat yang teratur dapat membantu otot dan kelenturan Anda, meningkatkan sirkulasi, dan dapat membantu Anda berkonsentrasi lebih baik.

7. Membiarkan Hal-Hal Bertumpuk

Advertisement

Para peneliti telah menemukan, menumpuk banyak hal dan dibiarkan begitu saja dapat mengganggu konsentrasi. Terkadang kita membiarkan emosi menumpuk juga, menahan amarah, dendam, kepahitan atau emosi negatif lainnya yang dapat meningkatkan stres dan emosi kita, meningkatkan peluang terkena serangan jantung.

8. Merokok

Sebuah penelitian penting mengidentifikasi beberapa area utama penuaan yang dipercepat di wajah si kembar yang merokok: Kelopak mata atas perokok terkulai sementara kelopak mata bawah melorot, dan mereka memiliki lebih banyak kerutan di sekitar mulut. Ini membuktikan bahwa merokok akan membuat Anda lebih tua meskipun Anda kembar identik sekalipun.

Advertisement

9. Tidak Tersenyum

Satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk terlihat lebih muda adalah tersenyum. Ini mengurangi jumlah kerutan yang muncul dari waktu ke waktu di wajah Anda. Tersenyum membuat Anda lebih bahagia dan memberi Anda lebih banyak energi. Sikap positif mendorong kebiasaan makan yang lebih baik dan lebih banyak olahraga.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Literasi, Perpusnas RI Jalin Kesepakatan dengan Pemkab Sleman

Sleman
| Selasa, 05 Juli 2022, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement