Advertisement

Cara Ampuh Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok pada Perempuan dan Laki-laki

Nabila Dina Ayufajari
Sabtu, 11 Juni 2022 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Cara Ampuh Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok pada Perempuan dan Laki-laki Ilustrasi rambut rontok - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Rambut adalah salah satu ekspresi langsung dari kepribadian dan gaya seorang individu. Tak heran jika permasalahan rambut rontok kerap dianggap sebagai momok bagi para Wanita.

Pada dasarnya masalah rambut rontok merupakan hal yang umum terjadi. Dikutip dari beberapa sumber, setidaknya dalam satu hari aka nada 50 hingga 100 helai rambut yang gugur.

Namun, kerontokan rambut yang berlebihan bisa menjadi masalah yang menyusahkan, seringkali menimbulkan kekhawatiran dan mempengaruhi rasa percaya diri. Lantas, apa sebenarnya penyebab rambut rontok?

Penyebab rambut rontok

Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi masalah kerontokan rambut, diantaranya:

1. Kekurangan nutrisi

Kurang mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi seperti zat besi, tembaga, seng, dan protein dapat menjadi faktor utama penyebab kerontokan rambut Anda. 

Tak hanya itu, kekurangan vitamin D juga menjadi penyebab lain kerontokan rambut. Untuk menghindari hal ini, Sempatkan diri untuk keluar dan berjemur di bawah sinar matahari secara rutin.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Setelah usia 30 tahun, wanita dapat mengalami ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ini biasanya disebabkan oleh konversi dihidrotestosteron (DHT) yang berlebihan.

Meskipun estrogen adalah hormon utama yang diproduksi wanita, hormone testosteron dan androgen lainnya seperti DHEA juga terjadi di tubuh wanita. Saat wanita mencapai usia tertentu, mereka mungkin mulai mengubah androgen ini menjadi DHT dan akan menyebabkan kerontokan.

3. Masalah tiroid

Jika kelenjar tiroid yang berada di bagian depan leher menghasilkan jumlah hormon tiroid yang berlebihan atau bahkan kurang dari yang dibutuhkan, maka siklus pertumbuhan rambut dapat berubah. 

Namun, jika Anda memiliki masalah tiroid, Anda akan melihat gejala lain bersamaan dengan rambut rontok seperti penambahan atau penurunan berat badan, rentan terhadap suhu dingin atau panas, dan perubahan detak jantung.

Advertisement

4. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) memiliki ketidakseimbangan hormon yang menciptakan tingkat androgen lebih tinggi dari biasanya. Hal ini sering menyebabkan tumbuhnya rambut di wajah dan tubuh, sedangkan rambut di kepala semakin menipis. PCOS juga dapat menyebabkan masalah ovulasi, jerawat, dan penambahan berat badan.

5. Stres

Stres yang ekstrem dapat menyebabkan rambut rontok secara tiba-tiba. Yang lebih menyeramkan, kerontokan rambut akibat stres dapat berlangsung selama beberapa bulan. Meminimalisir stres dengan rutin berolahraga, yoga meditasi, dan pijat akan mengurangi kemungkinan Anda mengalami kerontokan rambut.

Advertisement

sampo rambut rontok, cara menumbuhkan rambut

Tips Untuk Mengontrol Rambut Rontok

1. Sampo

Sangat penting untuk memahami jenis kulit kepala Anda dan memilih sampo yang tepat. Anda juga perlu mengatur frekuensi mencuci rambut sesuai kondisi kulit kepala Anda. Misalnya, kulit kepala Anda tergolong kering, terlalu sering mencuci rambut di dapat menyebabkan rambut rontok. Atau tidak mencuci rambut berminyak tiga kali seminggu dapat menyebabkan hal yang sama.

Selanjutnya, pastikan shampo tidak mengandung bahan kimia termasuk sulfat, paraben, dan silikon yang dapat membuat rambut Anda rapuh dan rentan patah.

Advertisement

2. Kondisioner

Kondisioner yang baik dapat memberikan keajaiban bagi rambut Anda. Kondisioner mengandung asam amino yang dapat membantu memperbaiki rambut rusak, dan juga membantu menjaganya tetap halus.

3. Diet dan Olahraga

Anda perlu memberi makan rambut Anda semua nutrisi yang tepat terutama banyak protein dan zat besi. Namun, seiring dengan makan makanan yang seimbang, pastikan Anda berolahraga secara teratur. Yoga dan meditasi dinilai efektif dalam mengurangi rambut rontok.

4. Meminyaki

Memberi rambut minyak esensial dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberi nutrisi pada akar. 

Advertisement

Pastikan untuk memijat rambut Anda seminggu sekali dengan minyak yang sesuai dengan kulit kepala Anda. Tutup dengan topi mandi dan cuci dengan sampo ringan setelah dua jam.

Diantara minyak esensial yang terkenal dapat mengatasi rambut rontok diantaranya minyak esensial Lavender, Rosemary, dan papermint

5. Tidak terlalu banyak menggunakan produk penata rambut – Hairspray

Menggunakan terlalu banyak produk yang mengandung bahan kimia pada rambut Anda bisa terbukti berbahaya dalam jangka panjang. Yang terbaik adalah memberi mereka istirahat dan mencoba resep alami buatan sendiri.

Advertisement

cegah rambut rontok

Perawatan Medis Untuk Rambut Rontok

1. Minoksidil

Obat ini tersedia dalam bentuk cair, busa, dan sampo. Untuk melihat hasil terbaik, oleskan produk ke kulit kepala Anda sekali setiap harinya untuk wanita dan dua kali untuk pria. 

Produk minoxidil membantu pertumbuhan kembali rambut atau memperlambat laju kerontokan 

2. Resep Pil Spironolakton

Juga dikenal sebagai Aldactone, obat ini bekerja untuk mengobati kerontokan rambut dengan mengatasi ketidak seimbangan hormon. Obat ini akan mengikat reseptor androgen dan mengurangi pemrosesan testosteron tubuh. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan obat ini.

Advertisement

3. Terapi Cahaya Dan Laser

Perangkat laser dapat merangsang pertumbuhan rambut untuk orang yang memiliki androgenic alopecia dan pola kebotakan. 

Obat Alami Untuk Mengobati Rambut Rontok

Tak harus diatasi dengan mengonsumsi medis, Anda juga bisa membuat penawar rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai berikut:

1. Masker Telur

Telur kaya akan belerang, fosfor, selenium, yodium, seng, dan protein, yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut .

Anda hanya perlu membuat pasta putih telur untuk dijadikan sebagai masker rambut, dengan cara:

- Pisahkan satu putih telur ke dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun dan madu

- Kocok untuk membuat pasta dan oleskan dari akar hingga ujung rambut

- Setelah 20 menit, bilas dengan sampo hingga bersih

2. Akar Licorice

Ramuan ini mencegah rambut rontok dan kerusakan lebih lanjut pada rambut. Ini membantu menenangkan kulit kepala dan menghilangkan serpihan ketombe kering.

- Buat pasta dengan menambahkan satu sendok makan akar manis dan seperempat sendok teh kunyit ke dalam satu cangkir susu.

- Oleskan pasta akar licorice ke kulit kepala dan keseluruh rambut Anda, lalu biarkan semalaman.

- Keesokan paginya, cuci rambut Anda. Ulangi ini dua kali seminggu.

3. Santan Kelapa

Protein dan lemak esensial di dalamnya meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Cara membuat masker rambut dari santan kelapa juga tidak rumit, simak langkah-langkah berikut:

- Parut kelapa berukuran sedang dan didihkan dalam panci selama lima menit.

- Saring dan dinginkan.

- Kemudian tambahkan satu sendok makan setiap lada hitam dan biji fenugreek yang dihancurkan ke dalam santan.

- Oleskan pada kulit kepala dan rambut Anda.

Setelah 20 menit, bilas dengan sampo.

4. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan, yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

- Rendam dua tiga teh celup dalam satu hingga dua cangkir air panas tergantung pada panjang rambut Anda.

- Saat dingin, tuangkan ke kulit kepala dan rambut Anda, sambil memijat kepala Anda dengan lembut.

- Bilas dengan air dingin setelah didiamkan selama satu jam.

5. Aloe Vera

Bukan rahasia lagi kalau aloe vera adalah obat rumah yang efektif untuk rambut rontok dan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Aloe vera juga efektif untuk mengurangi masalah kulit kepala seperti gatal dan kulit mengelupas.

- Ambil setangkai aloe vera dan ekstrak ampasnya.

- Oleskan ke rambut dan kulit kepala Anda dan biarkan selama sekitar 45 menit.

- Bilas dengan air biasa. Anda dapat melakukan ini tiga hingga empat kali seminggu untuk melihat hasil yang lebih baik.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Halaqah Fiqih Peradaban, Erick Thohir Perkenalkan NU Women hingga NU Tech

Bantul
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 09:17 WIB

Advertisement

alt

KPK Amankan 23 Orang dalam OTT Bupati Pemalang

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement