Advertisement

Ikuti 5 Tips Gaya Hidup Sehat untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 18 Juni 2022 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ikuti 5 Tips Gaya Hidup Sehat untuk Usia 40 Tahun ke Atas Tips sehat untuk usia 40 tahun ke atas, salah satunya konsumsi buah - Boldsky

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, manusia rentan terhadap banyak penyakit kronis seperti kanker, diabetes, obesitas, dan masalah jantung.

Untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan menjalani hidup yang bebas dari penyakit, Anda harus membuat pilihan dan perubahan dalam diet Anda yang kaya nutrisi, dan memilih lebih banyak olahraga dan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Untuk membantu Anda menjalani separuh sisa perjalanan hidup Anda, inilah 5 perubahan pola makan yang dapat Anda terapkan, menurut Ahli Diet Vidhi Chawla dilansir dari Eat This.

1. Konsumsi sayuran berwarna-warni

Sayuran berdaun hijau kaya akan fitokimia yang membantu meningkatkan kesehatan sel dan mencegah kerusakan DNA. Sayuran seperti bayam dan ubi jalar kaya akan potasium yang menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Sayuran berwarna oranye seperti wortel dan paprika kaya akan vitamin C yang membantu mengurangi risiko pembesaran prostat.

2. Konsumsi buah-buahan

Secara umum, buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Buah beri terbukti mengurangi risiko kanker dan buah ceri terbukti mengurangi kemungkinan kanker prostat. Buah-buahan juga rendah lemak sehingga Anda tidak menambahkan kalori yang tidak perlu ke tubuh Anda. Anda juga dapat memilih untuk minum segelas jus buah jeruk.

3. Minum air secara teratur

Sendi terdiri dari 80% air dan seiring bertambahnya usia, air di persendian berkurang yang menyebabkan penurunan kemampuan menyerap goncangan dan nyeri sendi. Minum banyak air membantu menjaga tekanan darah, mengatur suhu tubuh, meningkatkan pencernaan. Batasi konsumsi minuman dengan tambahan gula dan garam.

4. Pilih daging tanpa lemak dan katakan tidak pada daging merah

Daging tanpa lemak seperti ayam tinggi protein, vitamin B dan selenium serta rendah lemak. Daging tanpa lemak membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas merusak sel. Ikan, telur, dan kalkun juga merupakan alternatif yang baik untuk daging merah. Daging merah mengandung lemak jenuh dan meningkatkan produksi testosteron.

5. Batasi asupan gula dan alkohol

Batasi makanan dengan tambahan gula seperti kue, kue kering, dan pai. Mereka tinggi lemak jenuh dan tidak baik untuk tekanan darah Anda. Alkohol telah terbukti merusak hati, dan kemungkinan risiko kanker prostat dan usus besar. Jadi, tetap periksa jumlah alkohol yang Anda konsumsi dan kurangi minuman seperti margarita yang telah menambahkan gula.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Literasi, Perpusnas RI Jalin Kesepakatan dengan Pemkab Sleman

Sleman
| Selasa, 05 Juli 2022, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement