Advertisement

Ciri-Ciri Tubuh Mengalami Dehidrasi, Jangan Diabaikan!

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 21 Juni 2022 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Ciri-Ciri Tubuh Mengalami Dehidrasi, Jangan Diabaikan! Ciri-ciri Anda Mengalami Dehidrasi yang Tidak Boleh Diabaikan - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dehidrasi terjadi ketika Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda konsumsi, sehingga tubuh Anda tidak memiliki cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya.

Selain kehilangan air, jika Anda mengalami dehidrasi, itu juga berarti Anda kehilangan elektrolit seperti garam dan kalium.

Advertisement

Padahal, dua hal ini penting untuk membantu tubuh Anda bernapas, bergerak, berbicara, dan melakukan semua hal lain agar tetap aktif.

Jika Anda haus, itu tanda paling jelas Anda mengalami dehidrasi, tapi bukan itu saja tanda utamanya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan September 2020 di The Journal of Physiology menyatakan, tubuh Anda menunjukkan gejala khusus ketika mengalami dehidrasi.

BACA JUGA: Ini 10 Negara dengan Cuti Melahirkan Terlama

Dehidrasi yang tidak diobati dapat menyebabkan detak jantung meningkat, yang menyebabkan ketegangan pada jantung Anda. Berikut

adalah beberapa tanda dehidrasi yang tidak biasa yang tidak boleh diabaikan.

1. Bau mulut

Air liur memiliki sifat antibakteri dan dehidrasi dapat mencegah tubuh Anda membuat air liur yang cukup. Karena ini, Anda bisa mendapatkan pertumbuhan bakteri berlebih di mulut yang menyebabkan bau mulut.

Itu alasan yang sama kebanyakan orang bangun dengan bau mulut di pagi hari. Produksi air liur melambat saat tidur yang menyebabkan rasa dan bau yang tidak enak di mulut karena pertumbuhan bakteri dalam semalam. Jadi pada saat mulut Anda tampak kering dan napas Anda berbau aneh, itu adalah tanda bagi Anda untuk rehidrasi.

Advertisement

2. Kulit kering atau memerah

Kulit dehidrasi berarti kulit Anda kekurangan air. Ini bisa menjadi kering, bersisik, gatal dan bahkan terlihat kusam. Perubahan cuaca, pola makan yang tidak sehat, dan pilihan gaya hidup seperti konsumsi alkohol atau kafein dapat menguras kadar air kulit Anda. Gejala lain yang berhubungan dengan kulit adalah kulit Anda tetap tegang setelah dicubit dan membutuhkan waktu untuk kembali ke penampilan normal dan rata.

3. Kram otot

Semakin panas Anda karena aktivitas atau cuaca, semakin besar kemungkinan Anda mengalami kram otot karena efek panas pada otot. Saat otot bekerja lebih keras, mereka dapat menahan panas. Perubahan elektrolit seperti natrium dan kalium juga dapat menyebabkan kram otot.

Untuk meredakan kram otot, air putih mungkin tidak cukup. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam BMJ Open Sport and Exercise Medicine menemukan bahwa ketika peserta melakukan rehidrasi setelah berolahraga dengan minuman yang mengandung elektrolit, mereka cenderung tidak mengalami kram otot.

Advertisement

Di sisi lain, peserta yang minum air putih lebih cenderung mengalami kram. Penting untuk dicatat bahwa bahkan dalam cuaca yang lebih dingin, dehidrasi mungkin terjadi jika Anda tidak minum cukup cairan saat berolahraga atau aktivitas intensif lainnya.

4.  Mengidam makanan manis

Ketika Anda mengalami dehidrasi, kekurangan air dapat mempersulit organ-organ seperti hati untuk melepaskan glikogen, yang merupakan glukosa yang disimpan, dan komponen lain dari simpanan energi Anda.

Hal ini dapat memicu keinginan makan gula untuk menyediakan sumber energi yang cepat ketika yang sebenarnya Anda butuhkan adalah minum lebih banyak air dan rehidrasi diri sendiri. Jika Anda merasa mengidam gula karena dehidrasi, cobalah minum air putih sebelum meraih donat itu. Juga bertujuan untuk minum banyak air setiap hari.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Ruwatan Massal Murwokolo Kembali Digelar di Bantul, Catat Tanggal dan Lokasinya!

Bantul
| Rabu, 29 Juni 2022, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Bakal Terbitkan Regulasi Riset Ganja untuk Medis

News
| Rabu, 29 Juni 2022, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement