Advertisement

Deretan Jus Buah dan Sayur Penurun Darah Tinggi

Newswire
Rabu, 13 Juli 2022 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Deretan Jus Buah dan Sayur Penurun Darah Tinggi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Jika Anda malas mengonsumsi buah atau sayur penurun darah tinggi, jus bisa menjadi salah satu alternatif. Bahkan jus ini pun bisa dinikmati ketika Anda bersantai.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sebenarnya umum terjadi. Namun jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan resiko yang lebih buruk. Seperti penyakit jantung, stroke, dan lain-lain.

Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan darah tinggi, berikut beberapa jus penurun darah tinggi yang bisa Anda coba seperti dilansir dari berbagai sumber.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

- Jus Bit

Studi yang dilakukan oleh IDI Heart and Diabetes Institute, buah bit dapat menurunkan tekanan darah hanya dengan meminum satu porsi jus bit. Kandungan nitrat yang tinggi pada buah bit diyakini sebagai faktor penurun darah tinggi.

- Jus Seledri

Seledri telah lama diyakini memiliki banyak khasiat. Salah satunya praktisi pengobatan Tiongkok yang menganggap jika seledri dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini didukung oleh studi yang dilakukan Universitas of Chicago yang mengkonfirmasi penurunan tekanan darah oleh para respondennya setelah satu minggu mengkonsumsi jus seledri.

- Jus Wortel

Sayur berwarna orange ini disebut-sebut berkhasiat untuk kesehatan mata. Ternyata, sayur ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan antioksidan, serat, dan senyawa fenoloik menjadi salah satu faktor menurunnya tekanan darah. Anda bisa merubah sayur ini menjadi jus jika ingin mengkonsumsinya.

- Jus Tomat

Jus tomat memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan jika dalam datu sangkir jus tomat berisi 556 mg potasium.

- Jus Jeruk

Melansir daari food.ndtv.com, jus jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tak hanya itu, kandungan kalium, folat, dan bioflavanoidnya cukup tinggi. Kandungan vitamin dan nutrisi inilah yang dikaim mampu menurunkan tekanan darah.

- Jus Bayam

Sayur berwarna hijau memiliki kandungan potasium yang tinggi. Begitu juga sayur bayam. Kalium yang ada di dalamnya juga cukup tinggi. Sehingga mengkonsumsi jus bayam secara rutin mampu menurunkan darah tinggi.

Advertisement

- Jus Delima

Buah berwarna merah ini memiliki kandungan vitamin dan potasium yang tinggi. Kandungan ini mampu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Delima juga memiliki kandungan ACE, yaitu enzim pengubah angiotensin yang dapat memperkuat pembuluh darah.

Berita ini telah tayang di Okezone dengan judul "Deretan Jus Penurun Darah Tinggi, Cocok Dinikmati saat Bersantai".

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : OKezone

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Audit Stadion Maguwoharjo Tunggu Instruksi, Saat Ini Diklaim Sudah Penuhi Syarat

Sleman
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement