Advertisement

Hobi Makan tapi Ingin Tetap Kurus? Tenang! Lakukan 4 Trik Ini..

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 14 Juli 2022 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hobi Makan tapi Ingin Tetap Kurus? Tenang! Lakukan 4 Trik Ini.. Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ingin banyak makan tetapi badan tetap kurus? Sepertinya itu menjadi impian banyak orang, terutama wanita. 

Bagaimanapun, wanita ingin menjaga tubuhnya agar tetap ideal. Sayangnya, nafsu makan yang meningkat karena melihat beragam makanan lezat di sekitarnya seperti menjadi penghalang untuk tetap menjaga tubuh tetap idel. 

Jangan khawatir karena ada cara agar wanita tidak mudah gemuk sekalipun banyak makan. Berikut ini trik mudahnya, dihimpun dari hallosehat. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Makan saat perut lapar

Salah satu kebiasaan makan agar bisa tetap makan banyak tapi tidak gemuk yaitu makan di saat perut kosong dan di waktu yang tepat.

Usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan karena bisa membuat tubuh menginginkan asupan makanan secara berlebihan. Makan berlebihan membuat tubuh kesulitan membakar kalori.

2. Jangan makan terburu-buru

Cara lain agar bisa makan banyak tapi tidak gemuk adalah tidak terburu-buru dan tetap tenang saat makan. Makan terburu-buru justru bisa membuat Anda makan berlebihan karena otak tidak punya cukup waktu untuk menerima sinyal rasa kenyang.

Sementara itu, makan dengan tenang dan perlahan bisa mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, otak bisa menerima sinyal kenyang dengan lebih efektif.

Dengan begitu, Anda akan merasa lebih cepat kenyang dan lebih puas sehingga tidak perlu khawatir akan kenaikan berat badan.

3. Minum air putih yang banyak

Keinginan untuk tetap kurus yang bertolak belakang dengan kegemaran menyantap makanan ternyata perlu diseimbangkan dengan asupan cairan yang cukup.

Advertisement

Minum air bisa membantu menjaga berat badan karena beberapa alasan. Pertama, air putih dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu Anda menjaga asupan kalori tetap terkendali.

Kedua, cara lain dari makan banyak tapi tidak gemuk ini dapat meningkatkan jumlah kalori yang akan dibakar sepanjang hari.  Itu sebabnya, minum air putih penting dalam penerapan pola makan yang menjaga berat badan tetap sehat.

4. Tidur yang cukup

Orang yang kurang tidur berisiko mengalami kenaikan berat badan dan obesitas. Kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin, yakni hormon yang dapat menambah nafsu makan. Sementara itu, kadar hormon leptin yang memicu rasa kenyang menjadi lebih rendah.

Advertisement

Artinya, tidak mendapatkan tidur yang cukup akan meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan sehingga membuat Anda makan lebih banyak. Oleh sebab itu, usahakan untuk memiliki tidur yang berkualitas sebagai salah satu cara untuk tetap makan banyak tapi tetap terlihat kurus.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Presiden Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Panggilan KPK

News
| Senin, 26 September 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement