Advertisement

6 Tahapan Creambath Sendiri di Rumah

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 14 Juli 2022 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Tahapan Creambath Sendiri di Rumah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Salah satu teknik perawatan rambut adalah dengan creambath

Mengutip dari hellosehat, creambath adalah perawatan mencuci rambut dan kulit kepala dengan bantuan krim khusus. Krim untuk creambath umumnya terbuat dari campuran bahan kimia dan bahan alami, seperti buah-buahan dan sayuran.

Krim khusus creambath bisa diperoleh di pusat-pusat kecantikan atau kosmetik sehingga para wanita bisa mengaplikasikannya sendiri di rumah. Jika di salon, setidaknya kita harus membayar minimal Rp30.000 tergantung seberapa panjang rambut. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dilansir dari allthingshair.com, berikut ini tahapan creambath mandiri di rumah:

1. Keramas yang bersih.

Pastikan rambut dan kulit kepalamu sudah bersih sebelum memulai creambath rambut dengan krim pilihanmu. Kamu bisa keramas menggunakan sampo yang sesuai dengan tipe rambutmu.

Sehabis keramas, jangan buru-buru mengeringkan rambutmu dengan hairdryer. Cukup keringkan rambut sampai setengah kering dengan handuk untuk mengurangi sisa air yang menetes. Nutrisi dari krim creambath akan lebih mudah menyerap pada rambut yang basah.

2. Bagi rambut

Bagi rambutmu dalam beberapa bagian untuk memudahkan proses creambath. Caranya kurang lebih sama seperti membagi rambut saat akan mencatok. Kamu bisa menggunakan jepitan apa pun yang kamu mau, tapi pastikan ukurannya cukup besar agar kokoh menyangga rambut.

3. Aplikasikan krim creambath

Setelah memilih krim creambath dengan aroma yang kamu suka, mulai aplikasikan krim pada area kepala yang kamu mau. Pastikan krim yang digunakan sudah diaplikasikan secara merata hingga ke ujung batang rambut.

4. Pijat kepala perlahan

Jadikan kepala lebih rileks dengan pijatan jari, mulai dari area depan menuju belakang. Lakukan dengan ritme teratur untuk memperlancar aliran darah.

Advertisement

Pijat selang-seling ke arah sebaliknya, sambil menyisir rambut dengan jari. Trik ini bisa menjadi cara creambath untuk rambut rontok. 

5. Tutup dengan handuk hangat

Setelah selesai memijat rambut, balut kepala dengan handuk hangat untuk membuka kutikula rambut. Langkah ini penting untuk membantu penyerapan vitamin dan melembutkan rambutmu. Diamkan selama 5-6 menit, suhu hangat pada handuk juga bisa memperlancar aliran darahmu.

6. Keramas bersih

Setelah membuka handuk hangat, bilas rambut sekali lagi dengan sampo hingga seluruhnya bersih. Pijat seluruh area kulit kepala untuk memastikan semua krim terangkat bersih agar tak menumpuk jadi ketombe. Jika dirasa kurang lembap, tambahkan penggunaan conditioner.

Advertisement

Itulah tahapan creambath di rumah. Mudah bukan? Selamat mencoba

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kesadaran Mengelola Sampah Plastik Masih Rendah, Masyarakat Perlu Diedukasi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 28 September 2022

News
| Rabu, 28 September 2022, 07:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement