Advertisement

Mudah! Ini 6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 09 Agustus 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mudah! Ini 6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Komedo kerap mengganggu penampilan seorang wanita. Bintik-bintik yang muncul di wajahnya membuat ia tidak percaya diri. 

Dilansir dari Wikipedia, komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Komedo membandel bisa diobati dengan perawatan alami di rumah. Dilansir dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, Kepala pelatihan Skeyndor India Priyanka Tyagi, dikutip dari India.com telah berbagi tips tentang cara menghilangkan komedo dari wajah Anda.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Berikut 6 pengobatan rumahan yang mudah untuk menghilangkan komedo yang bisa Anda coba:

1. Baking Soda

Tidak hanya untuk memanggang atau menjaga kulkas Anda tetap segar, baking soda memiliki kualitas antiseptic yang menjadikannya produk yang luar biasa untuk kulit Anda. Ia bekerja sebagai exfoliant untuk menggosok sel-sel kulit mati meninggalkan kulit lembut dan halus. Dapat membantu menetralkan pH kulit, mendorong kulit untuk memproduksi lebih sedikit minyak.

2. Kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah anti bakteri yang dapat digunakan untuk membuat masker wajah aromatik yang menawarkan segala macam manfaat untuk kulit, termasuk menghilangkan komedo. Ini juga membantu menghilangkan kulit terkelupas serta jerawat, dan dapat digunakan sebagai lulur untuk kulit yang lebih halus dan bercahaya.

3. Madu

Madu bersifat antibakteri dan antiseptik, dengan sifat yang membantu menghilangkan komedo dengan menghancurkan kuman atau kotoran yang menyumbat pori-pori, menjadikannya pilihan tepat bagi mereka yang memiliki komedo terkait jerawat. Madu juga bertindak sebagai antibiotik alami, membantu menarik kotoran dari pori-pori kulit untuk membersihkan komedo serta mengencangkan dan menghidrasi pori-pori untuk kulit yang lebih bersih.

4. Garam Epsom

Garam epsom tidak hanya bagus untuk meredakan nyeri otot, tetapi juga membantu menghilangkan komedo. Sementara sebagian besar perawatan dalam daftar ini melarutkan kulit mati dan minyak, campuran garam Epsom sebenarnya mencabut sumbat dari setiap pori-pori yang tersumbat sehingga mereka dapat dengan mudah dibersihkan.

5. Putih telur

Putih telur menawarkan banyak manfaat bagi kulit. Kaya akan protein yang menawarkan sifat mengencangkan kulit dan membantu mempromosikan kulit bebas kerut. Karena kemampuannya untuk mengencangkan kulit dan meminimalkan pori-pori, menggunakan putih telur sangat baik untuk kulit berminyak dan mengurangi kemungkinan komedo.

Advertisement

6. Teh hijau

Alih-alih menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencoba memecahkan, menggosok, atau memusatkan pori-pori yang tersumbat dari wajah Anda, cobalah menggunakan obat yang umum, teh hijau, yang kaya akan antioksidan. Ini tidak hanya mengurangi minyak dan iritasi pada kulit tetapi berfungsi untuk mengamankannya dari bahaya di masa depan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Tekan Impor, Sleman Genjot Produksi Kedelai

Sleman
| Rabu, 28 September 2022, 06:07 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement