Advertisement

Jangan Sembarangan! Ini Tips Memilih Vitamin C

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Agustus 2022 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Sembarangan! Ini Tips Memilih Vitamin C Ilustrasi vitamin C

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Vitamin C atau asam askorbat (ascorbic acid) adalah vitamin yang sangat diperlukan untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C. Jika kekurangan vitamin C maka bisa mengakibatkan terjadinya penyakit skorbut atau scurvy. 

Selain itu, vitamin C juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Vitamin C berperan penting dalam berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh, termasuk menjaga dan mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh, pembentukan kolagen, protein, neurotransmiter, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Dikutip dari website kimiafarma apotik, memilih suplemen vitamin C yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan tubuh.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan suplemen vitamin C agar tidak salah adalah sebagai berikut.

1. Pertimbangkan Nutrisi

Pemilihan suplemen yang tepat akan menunjang kesehatan tubuh. Walaupun demikian, pertimbangkan untuk memilih jenis suplemen berdasarkan sumber nutrisinya. 

Khususnya bagi seorang vegan atau vegetarian, sebaiknya baca terlebih dahulu sumber nutrisi yang terkandung pada suplemen tersebut apakah bebas dari produk hewani atau tidak. 

2. Tentukan Jenis Suplemen

Sahabat Kaef bisa memilih salah satu dari beberapa jenis dan ukuran suplemen vitamin C yang ada di pasaran, apakah dalam bentuk permen karet, pil, bubuk, atau kunyah. 

Jika tidak suka suplemen berupa pil yang ukurannya mungkin terlalu besar bagi, bisa mempertimbangkan untuk memilih suplemen vitamin C kunyah atau memilih jenis suplemen berbentuk tablet atau bubuk yang dilarutkan di air. 

3. Cek Sertifikasi

Perlu diketahui bahwa suplemen yang beredar tidak membutuhkan persetujuan FDA (Food and Drug Administration) karena tidak diatur oleh badan pengawas tersebut. Meskipun demikian, Sahabat Kaef bisa memilih suplemen yang memiliki label “terverifikasi USP”. 

Sebab, suplemen dengan label ini telah diperiksa oleh Konvensi Farmakope AS dan telah dipastikan berisi bahan-bahan sesuai dengan yang tercantum pada label baik dari segi komposisi maupun jumlahnya. 

Advertisement

Selain itu, suplemen tersebut juga telah sesuai dengan USP Good Manufacturing Practices dan FDA dengan menggunakan proses sanitasi yang terkontrol dengan baik. 

4. Pilih Vendor Terbaik

Tidak hanya dalam memilih suplemen vitamin C, dalam hal vendor pun sebaiknya pilihlah yang memiliki reputasi baik. Memang, ada banyak pilihan apotek, toko vitamin, atau bahkan situs web yang menyediakan berbagai jenis suplemen vitamin. 

Namun, akan lebih baik apabila memilih yang mampu menyediakan produk dengan kualitas terbaik dan melayani setiap konsumen secara profesional. 

Advertisement

5. Faktor Kenyamanan

Satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan ketika akan memilih suplemen yaitu faktor kenyamanan. Faktor yang satu ini bisa berupa penawaran harga yang murah atau berdasarkan kelengkapan suplemen tersebut. 

Dengan kata lain, maka bebas memilih apakah mengonsumsi jenis suplemen multivitamin makanan utuh atau mengkonsumsi beberapa vitamin individu. 

6. Baca Label dan Perhatikan Bahan Tambahan

Biasakan untuk selalu membaca label pada kemasan suplemen yang akan dibeli. Perhatikan komposisinya baik dari segi dosis vitamin C maupun bahan tambahan yang terkandung dalam suplemen pilihan tersebut. 

Misalnya, memilih suplemen vitamin C yang tidak mengandung gula karena memiliki riwayat diabetes atau sedang menjalankan program diet low sugar. 

Advertisement

Selain itu, hindari suplemen yang mengandung bahan berbahaya seperti titanium dioksida, pewarna buatan, atau minyak terhidrogenasi. 

7. Konsultasi Dokter atau Ahli Gizi

Untuk bisa menentukan suplemen vitamin C yang tepat, konsultasikan hal tersebut kepada dokter atau ahli gizi. 

Hindari mengkonsumsi suplemen tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang mengkonsumsi obat lain. 

Advertisement

Sebab, pada umumnya mereka akan membantu dan memberikan saran suplemen yang paling sesuai dengan kebutuhan tubuh.

8. Jadi Konsumen Cerdas 

Terakhir, jangan mudah tergiur dengan iklan atau kemasan yang terlihat menarik, khususnya yang membuat klaim bahwa suplemen tersebut memiliki khasiat yang tinggi. 

Misalnya, mampu meningkatkan energi atau mampu menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. 

Ingatlah bahwa klaim yang dibuat oleh pemilik penghasil suplemen tidak harus diverifikasi oleh FDA. Jadi, lebih baik bersikap waspada dan hati-hati terhadap suplemen yang menawarkan “perbaikan cepat” atau adanya jaminan uang kembali. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kesadaran Mengelola Sampah Plastik Masih Rendah, Masyarakat Perlu Diedukasi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 28 September 2022

News
| Rabu, 28 September 2022, 07:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement