Advertisement

5 Makanan Bikin Tulang Antikeropos, Ada Sayuran Silangan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Agustus 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Makanan Bikin Tulang Antikeropos, Ada Sayuran Silangan Edamame - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Otot dan tulang yang kuat dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan melindungi dari cedera.

Orang dewasa yang aktif mengalami lebih sedikit kekakuan sendi dan peningkatan fleksibilitas. Jadi, penting untuk membangun tulang yang kuat dan sehat selama masa kanak-kanak dan remaja.

Tanpa kesehatan tulang, ada risiko rasa sakit dan patah tulang yang lebih besar yang dapat menyebabkan kondisi fisik serius lainnya termasuk mobilitas terbatas. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Berikut daftar makanan mudah didapat yang bisa membuat tulang Anda sehat, kuat dan anti keropos.

1. Biji wijen

Biji wijen mengandung serat, serta asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan menjaga otak dan sistem saraf Anda bekerja dengan lancar. Untuk memasukkan lebih banyak biji ke dalam makanan Anda, cobalah menaburkan biji wijen di atas salad favorit Anda.

2. Kacang polong

Kacang polong mengandung dosis tinggi nutrisi pembangun tulang seperti magnesium, kalsium, dan fosfor, yang tidak hanya membangun tulang dengan memperkuat massa tulang, tetapi juga mencegah keropos tulang, mengurangi kecemasan, dan membantu Anda tidur. Ini juga dapat membantu Anda mencapai target kalsium yang dibutuhkan tubuh dan memberikan nutrisi tambahan.

3. Produk kedelai

Produk kedelai seperti edamame, tahu, tempe, dan minuman kedelai kaya akan protein pembentuk tulang, mengandung senyawa tumbuhan yang dapat menghambat penyerapan kalsium.

4. Sayuran silangan

Sayuran berdaun hijau, juga disebut sayuran silangan, menyediakan beberapa nutrisi yang mendukung kesehatan tulang, seperti vitamin K dan kalsium. Sayuran cruciferous termasuk bayam, lobak hijau, kangkung, kubis dan brokoli.

5. Kacang-kacangan dan buah ara

Kacang-kacangan dan buah ara menawarkan nutrisi yang penting untuk tulang Anda seperti magnesium dan fosfor. Mineral ini dapat bekerja sama untuk meningkatkan kepadatan tulang Anda, yang pada gilirannya dapat mencegah kondisi seperti osteoporosis.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Penataan Kawasan Kumuh di Sungai Gajah Wong Dapat Apresiasi Bank Dunia

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Meghan Markle Mengeluh Tak Digaji saat Jalani Tur Kerajaan

News
| Senin, 26 September 2022, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement