Advertisement

5 Trik Mengatasi Keringat Berlebih di Ketiak

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 30 Agustus 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Trik Mengatasi Keringat Berlebih di Ketiak Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Siapapun bisa mengalami keringat berlebih. Terkadang kondisi ini sangat mengganggu penampilan terlebih jika sedang memakai pakaian formal. 

Keringat berlebih bisa menembus ke pakaian. Tidak hanya di punggung, tetapi juga di ketiak. Ketiak yang basah jelas membuat kita menjadi tidak percaya diri, terutama jika sedang berhadapan dengan banyak orang. 

Dihimpun dari berbagai sumber, keringat berlebih tanpa adanya pemicu disebut hyperhidrosis. Kondisi ini disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Sementara itu keringat berlebih di sekitar ketiak disebut axillary hyperhidrosis. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Baca juga: 5 Faktor Ketiak Mudah Basah, Salah Satunya Hobi Makan Pedas

Namun jangan khawatir. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ketiak berlebih di ketiak alias ketiak basah. Berikut ini caranya:

1. Periksa Bagian Tubuh dengan Detail 

Kamu harus memeriksa dengan detail saat mandi. Penggunaan sabun antibakteri saat mandi dinilai lebih efekti membasmi bakteri penyebab bau badan dibandingkan dengan sabun biasa. Bersihkan juga bagian tubuh yang rentan berkeringat seperti leher, ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan handuk lalu gunakan pakaian yang bersih.

2. Ganti Pakaian Rutin

Hindari memakai pakaian yang sudah dipakai atau pakaian kotor. Baju yang sudah dipakai, terdapat banyak bakteri, keringat, dan kotoran yang menempel. Untuk itu baju kotor sebaiknya langsung dicuci. Sebaiknya kamu mengganti pakaian sehari dua kali. 

3. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti santan atau daging memang nikmat. Namun makanan ini bisa menyebabkan masalah ketiak basah. Hal ini karena makanan-makanan tersebut menyumbang cukup banyak produksi keringat pada tubuh. 

4. Hindari Cemas dan Stres

Perasaan stres, cemas dan takut membuat denyut jantung berdetak lebih cepat. Produksi keringat juga akan ikut meningkat. Sebaiknya kelola pikiranmu dengan mempelajari teknik relaksasi dan pengendalian diri.

Advertisement

5. Pilih Deodoran

Pilih deodoran yang tidak hanya mengatasi bau ketiak, namun yang juga mengandung antiperspirant. Kandungan antiperspirant dapat mencegah produksi keringat berlebih pada tubuh. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan produk deodoran untuk ketiak basah.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kesadaran Mengelola Sampah Plastik Masih Rendah, Masyarakat Perlu Diedukasi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 28 September 2022

News
| Rabu, 28 September 2022, 07:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement