Advertisement

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Anshary Madya Sukma
Minggu, 04 September 2022 - 02:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Ilustrasi bau mulut - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Bau mulut atau halitosis merupakan kondisi dimana seseorang mengeluarkan bau yang tidak sedap dari mulutnya saat bernafas.

Walaupun terkadang bau mulut tidak tercium oleh diri sendiri tetapi kondisi ini akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi seseorang di sekitar Anda atau rasa malu bagi dirinya sendiri.

Baca juga: Sudah Resmi Naik, Ini Harga Terbaru Pertalite, Solar, hingga Pertamax

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Melasir Bisnis.com dari mayoclinic.com, penyebab dari kondisi bau mulut sebagian besar tidak dimulai dari mulut Anda. Namun, sebagian besar bau mulut banyak disebabkan oleh faktor eksternal, seperti makanan atau kebiasaan yang kurang sehat. 

Ini penyebab munculnya bau mulut seseorang:

1. Makanan 

Pecahnya partikel makanan di dalam dan di sekitar gigi Anda dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu, makan makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah, juga bisa menyebabkan bau mulut. 

Cara kerja makanan tersebut dapat membuat mulut Anda bau adalah ketika Anda mencerna makanan ini, mereka memasuki aliran darah Anda, lalu dibawa ke paru-paru dan mempengaruhi pernapasan Anda.

2. Produk Tembakau

Seperti yang kita tahu, dengan merokok seseorang bisa memiliki bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, perokok dan pengguna tembakau oral juga lebih cenderung memiliki penyakit gusi, sumber bau mulut lainnya.

3. Kebersihan Gigi yang Buruk

Jika Anda membersihkan gigi dengan baik maka akibatnya adalah tumpukan partikel makanan akan tetap bersemayam dalam mulut Anda dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. 

Kemudian, partikel makanan tersebut akan membentuk lapisan bakteri atau plak yang lengket terbentuk di gigi Anda. Jika tidak disikat, plak dapat mengiritasi gusi dan akhirnya membentuk kantong berisi plak di antara gigi dan gusi. 

Advertisement

Selain itu, lidah Anda juga bisa menjebak bakteri yang menghasilkan bau serta gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur atau tidak terpasang dengan benar dapat menampung bakteri penyebab bau.

4. Mulut Kering

Air liur memiliki fungsi untuk membantu membersihkan mulut dan menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap. 

Lalu, ketika mulut dalam kondisi penurunan produksi air liur atau suatu kondisi yang disebut mulut kering ternyata bisa menjadi penyebab bau mulut. 

Advertisement

5. Obat-obatan

Beberapa obat secara tidak langsung dapat menghasilkan bau mulut, cara kerjanya ketika obat sudah dipecah dalam tubuh, maka obat akan melepaskan bahan kimia yang dapat terbawa pada napas Anda.

6. Infeksi Mulut 

Bau mulut dapat disebabkan oleh luka operasi setelah operasi mulut, seperti pencabutan gigi, atau akibat kerusakan gigi, penyakit gusi atau sariawan.

7. Kondisi Hidung dan Tenggorokan

Bau mulut tidak selamanya disebabkan di area mulut, karena terkadang bisa berasal dari batu-batu kecil yang terbentuk di amandel dan ditutupi dengan bakteri yang menghasilkan bau. 

Ada juga dari Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus atau tenggorokan, yang dapat menyebabkan postnasal drip yang menyebabkan bau mulut.

Advertisement

Adapun, cara untuk mengatasi bau mulut dengan cara melakukan pola hidup higienis dan sehat, seperti menyikat gigi Anda setelah makan. Selain gigi, lidah juga perlu dibersihkan dengan menyikatnya secara hati-hati untuk mengurangi bau mulut. 

Jika Anda memakai gigi palsu atau peralatan gigi, maka setidaknya bersihkan secara menyeluruh sesuai arahan dokter. 

Selanjutnya, Anda juga perlu menghindari mulut kering, caranya adalah dengan Untuk menjaga kelembapan mulut, hindari tembakau dan minum banyak air, serta Anda juga dapat mengunyah permen karet atau isap permen untuk merangsang air liur. 

Advertisement

Terakhir, jika diperlukan maka Anda bisa menjadwalkan pertemuan dengan dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan gigi secara teratur.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

DIY Peroleh Hadiah Rp10 Miliar, Digunakan untuk Pemulihan Ekonomi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement