Advertisement

Berikut 7 Penyebab Bau Mulut yang Bikin Anda Tidak Percaya Diri

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Agustus 2022 - 04:27 WIB
Sirojul Khafid
Berikut 7 Penyebab Bau Mulut yang Bikin Anda Tidak Percaya Diri Ilustrasi bau mulut - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bau mulut, yang juga disebut halitosis, bisa memalukan dan dalam beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan kecemasan.

Makanan tertentu, kondisi kesehatan, dan kebiasaan adalah salah satu penyebab bau mulut. Dalam banyak kasus, Anda dapat memperbaiki bau mulut dengan kebersihan gigi yang tepat dan konsisten.

Advertisement

Jika perawatan diri sederhana tidak menyelesaikan masalah, temui dokter gigi atau dokter Anda untuk memastikan kondisi yang lebih serius tidak menyebabkan bau mulut Anda.

Gejala

Bau mulut yang tidak sedap bervariasi, tergantung pada sumber atau penyebab yang mendasarinya. Beberapa orang terlalu khawatir tentang napas mereka meskipun mereka memiliki sedikit atau tidak ada bau mulut, sementara yang lain memiliki bau mulut dan tidak mengetahuinya. Karena sulit untuk menilai bagaimana bau napas Anda sendiri, mintalah teman dekat atau kerabat untuk mengkonfirmasi pertanyaan bau mulut Anda.

Jika Anda memiliki bau mulut, tinjau kembali kebiasaan kebersihan mulut Anda. Cobalah melakukan perubahan gaya hidup, seperti menyikat gigi dan lidah setelah makan, menggunakan benang gigi, dan banyak minum air putih.

Jika bau mulut Anda berlanjut setelah melakukan perubahan tersebut, temui dokter gigi Anda. Jika dokter gigi Anda mencurigai kondisi yang lebih serius yang menyebabkan bau mulut Anda, ia mungkin akan merujuk Anda ke dokter untuk menemukan penyebab bau tersebut.

BACA JUGA: Waspadai! Tanda-Tanda Serangan Jantung pada Perempuan

Penyebab terjadinya bau mulut

Sebagian besar bau mulut berasal dari mulut Anda, dan ada banyak kemungkinan penyebabnya sebagai berikut.

1. Makanan

Pecahnya partikel makanan di dalam dan di sekitar gigi Anda dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau tak sedap. Makan makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah, juga bisa menyebabkan bau mulut. Setelah Anda mencerna makanan ini, mereka memasuki aliran darah Anda, dibawa ke paru-paru Anda dan mempengaruhi napas Anda.

2. Produk tembakau

Merokok menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Perokok dan pengguna tembakau oral juga lebih cenderung memiliki penyakit gusi, sumber bau mulut lainnya.

3. Kebersihan gigi yang buruk

Jika Anda tidak menyikat dan menggunakan benang gigi setiap hari, partikel makanan tetap berada di mulut Anda, menyebabkan bau mulut. Lapisan bakteri (plak) tidak berwarna dan lengket terbentuk di gigi Anda. Jika tidak disikat, plak dapat mengiritasi gusi dan akhirnya membentuk kantong berisi plak di antara gigi dan gusi (periodontitis). Lidah Anda juga bisa menjebak bakteri yang menghasilkan bau. Gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur atau tidak terpasang dengan benar dapat menampung bakteri penyebab bau dan partikel makanan.

4. Mulut kering

Air liur membantu membersihkan mulut Anda, menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap. Suatu kondisi yang disebut mulut kering atau xerostomia (zeer-o-STOE-me-uh) dapat menyebabkan bau mulut karena produksi air liur menurun. Mulut kering secara alami terjadi saat tidur, menyebabkan "napas pagi", dan akan memburuk jika Anda tidur dengan mulut terbuka. Mulut kering kronis dapat disebabkan oleh masalah pada kelenjar ludah dan beberapa penyakit.

5. Obat-obatan

Beberapa obat secara tidak langsung dapat menghasilkan bau mulut dengan berkontribusi pada mulut kering. Lainnya dapat dipecah dalam tubuh untuk melepaskan bahan kimia yang dapat terbawa pada napas Anda.
Infeksi di mulut Anda. Bau mulut dapat disebabkan oleh luka operasi setelah operasi mulut, seperti pencabutan gigi, atau akibat kerusakan gigi, penyakit gusi atau sariawan.

BACA JUGA: Ini 10 Manfaat Keluarga Buah Berry untuk Kesehatan

6. Kondisi mulut, hidung dan tenggorokan lainnya

Bau mulut kadang-kadang bisa berasal dari batu-batu kecil yang terbentuk di amandel dan ditutupi dengan bakteri yang menghasilkan bau. Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus atau tenggorokan, yang dapat menyebabkan postnasal drip, juga dapat menyebabkan bau mulut.

7. Penyebab lainnya

Penyakit, seperti beberapa jenis kanker, dan kondisi seperti gangguan metabolisme, dapat menyebabkan bau napas yang khas akibat bahan kimia yang dihasilkannya. Refluks asam lambung kronis (penyakit refluks gastroesofageal, atau GERD) dapat dikaitkan dengan bau mulut. Bau mulut pada anak kecil bisa disebabkan oleh benda asing, seperti sepotong makanan, yang bersarang di lubang hidung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement