Advertisement

Iklim di Indonesia Panas, Ini Tips Memilih Jenis Kain untuk Pakaian

Abdul Hamied Razak
Senin, 12 September 2022 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Iklim di Indonesia Panas, Ini Tips Memilih Jenis Kain untuk Pakaian Salah satu hasil karya Farah Button, Dias One Set yang diluncurkan Senin (12/9/2022) - Ist

Advertisement

Harinajogja.com, JOGJA- Penggunaan kain yang cocok untuk digunakan di Indonesia perlu pilih-pilih agar nyaman digunakan. Bagaimana cara memilih kain yang cocok untuk iklim tropis di Indonesia?
Pemilik Farah Button, Sutardi mengatakan masyarakat masih perlu edukasi untuk memahami jenis bahan kain pakaian. Jika ingin memilih atasan, sebaiknya memilih yang berbahan rayon. “Indonesia ini beriklim tropis, jadi mudah gerah dan bahan-bahan rayon bisa membuat adem dan tidak panas,” ujar Suta usai peluncuran produk terbaru Farah Button bernama Dias One Set, Senin (12/9/2022). 
Merek fesyen karya anak bangsa ini mengusung setelan berupa outer dan celana berbahan rayon twill. Produk premium Farah Button ini pun dirilis dalam jumlah terbatas, hanya 800 setelan. Dias One Set bukan sekadar tren fesyen terbaru yang dikeluarkan Farah Button. Potongan dan pemilihan warnanya pun sarat pesan mendalam.
"Desain Dias One Set mengajak orang untuk menghargai diri sendiri. Bahan rayon twill sangat nyaman dipakai, potongan desainnya pun menyesuaikan bentuk tubuh dan membuat orang bergerak dengan bebas,” ujarnya.
Filosofi Dias One Set juga membuat orang kembali berpikir tentang keselarasan dan keseimbangan dengan alam. Saat mengenakan outer dan celana yang nyaman, orang akan merasakan kenyamanan. "Nyaman kemudian jadi meluas, merasa nyaman dengan lingkungan karena bahannya adem, memunculkan rasa syukur," ucapnya.
Suta menilai, lingkungan, termasuk alam mempengaruhi apa yang orang pikirkan, lakukan, dan bagaimana bersikap. Ia mencontohkan, di kota besar orang jarang tersenyum karena kondisi lingkungan yang minim pepohonan. Berbeda dengan orang di pedesaan dengan alam yang asri, keramahan sikap dan perilakunya lebih terlihat.
“Desain ini ingin mengajak orang mencintai alam dan melakukan sesuatu yang lebih, seperti Dias One Set yang berupa setelan yang tidak bisa dipisahkan pemakaiannya, seperti manusia dengan alam,” kata Suta yang selama ini mendesain sendiri produk-produk Farah Button.
Dias One Set yang bermotif kipas dan daun menawarkan empat pilihan warna, yakni pink, grey, purple, dan green. Bukan tanpa alasan Suta memilih warna terang. Ia berpendapat warna terang bisa membuat kondisi emosi atau mood seseorang membaik.
“Orang yang suka warna terang bisa memilih sesuai seleranya,” tutur pemilik akun Instagram @sutardi_button.
Dias One Set juga bisa dikenakan di setiap kesempatan, baik formal maupun casual. Untuk penggunaan formal, Suta menyarankan memberi aksen dengan mengenakan aksesoris.
Produk-produk Farah Button juga bisa dipesan lewat e-commerce Shopee Farah Button atau Instagram @farahbuttonofficial.
Selain itu, rayon twill juga bisa dipilih untuk menghadirkan kesan bahan yang lebih elegan. Sekalipun lebih tebal ketimbang bahan rayon, rayon twill tetap dingin ketika dikenakan. Sebenarnya bahan katun juga pas dikenakan di Indonesia. Namun, ia mengingatkan untuk menghindari bahan katun bergramasi tebal karena sekalipun menyerap keringat tetap terasa panas saat dipakai.
“Yang paling utama, yang harus dihindari adalah bahan polyester, karena seratnya yang seperti karet membuat gerah dan memicu bau badan,” kata Suta.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Penataan Kawasan Kumuh di Sungai Gajah Wong Dapat Apresiasi Bank Dunia

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Situasi Global Tahun Depan Bakal Lebih Gelap, tapi Indonesia Punya Peluang

News
| Senin, 26 September 2022, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement