Advertisement

Tidak Selalu Menakutkan, Ini Daftar Makanan Kaya Lemak yang Sehat

Widya Islamiati
Minggu, 18 September 2022 - 08:07 WIB
Sirojul Khafid
Tidak Selalu Menakutkan, Ini Daftar Makanan Kaya Lemak yang Sehat Alpukat - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Seperti Kolesterol, lemak juga kerap dihindari karena bisa menjadi masalah penyebab penyakit jantung. Namun, jika dalam jumlah yang cukup, lemak punyai manfaat yang baik bagi tubuh.

American Heart Association menyebutkan lemak jenuh tidak berbahaya jika dikonsumsi dibawah 10% dari total asupan kalori.

Berikut ini berbagai jenis makanan mengandung lemak namun termasuk kategori makanan sehat berdasarkan livescience dan Healthline!

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Telur

Meskipun sering disebut-sebut sebagai sumber protein hewani, telur juga merupakan sumber lemak yang baik. Dalam satu butir telur setidaknya ada hingga 5 gram lemak, dengan persentase lemak tak jenuh 3.4 gram dan 1.6 gram lemak jenuh.

Dalam satu butir telur, ada sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Selain itu ada juga nutrisi penting seperti vitamin B12, fosfor dan antioksidan.

2. Kacang

Selain mengandung protein dan zat besi, kacang juga mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan. Ini termasuk semua olahan dari kacang ataupun kacang yang tidak diproses dengan menggunakan minyak sawit, seperti selai kacang, almond ataupun hazelnut.

BACA JUGA: Cara Terapkan Pola Makan Sehat Dalam Kehidupan Modern yang Serba Praktis

3. Biji-bijian

Biji-bijian memiliki manfaat yang baik pada kesehatan tubuh sebab mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, serta serat. Tidak heran jika biji-bijian bisa dimasukkan ke salah satu menu diet andalan.

Namun selain mengandung berbagai nutrisi penting, biji-bijian juga mengandung lemak tak jenuh. Dalam 1oz biji-bijian, setidaknya mengandung 12 gram lemak tak jenuh.

Advertisement

Biji-bijian yang dimaksud seperti biji chia, biji labu, ataupun biji bunga matahari.

4. Dark Chocolate

Panganan lezat ini selain kaya akan mineral dan serat, tetapi juga mengandung lemak sehat. Dalam satu ons coklat hitam setidaknya terdapat 8,9 gram lemak sehat, dengan 2 gram zat besi dan 158 mg potassium.

5. Ikan berminyak

Jenis ikan berminyak yang biasa disebut punyai kandungan nutrisi tinggi adalah tuna dan salmon. Keduanya kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk memelihara kesehatan jantung.

Advertisement

Selain itu, ikan berminyak juga memiliki kandungan protein, vitamin, mineral, kalium, kalsium dan lemak. Dalam satu porsi ikan berminyak setidaknya mengandung 4,5 gram lemak.

BACA JUGA: Benarkah HIV Bisa Menular Lewat Gigitan Nyamuk?

6. Alpukat

Berbeda dengan buah-buahan lain yang umumnya sebagian besar kandungannya berupa karbohidrat, 80% alpukat justru merupakan lemak. Meskipun demikian, alpukat punyai manfaat untuk menghalau kolesterol dalam tubuh.

Ini berdasarkan penelitian yang melibatkan 45 peserta. Selama lima minggu, mereka mengonsumsi satu buah alpukat sehari, dan hasilnya berupa kabar baik bagi profil kolesterol mereka.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Terungkap, Lukas Enembe Tersangka Suap dan Gratifikasi Proyek APBD Papua

News
| Senin, 26 September 2022, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement