Advertisement

Kenali 5 Tanda Kekebalan Tubuh Anda Menurun!

Widya Islamiati
Rabu, 21 September 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali 5 Tanda Kekebalan Tubuh Anda Menurun! Ilustrasi perempuan merasa sakit akibat sistem kekebalan tubuh menurun - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun berfungsi melindungi tubuh dari infeksi. Jika sistem imun lemah maka seseorang lebih mudah terkena penyakit.

Seseorang dengan gangguan kekebalan tubuh disebut dengan immunocompromised. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang alami immunocompromised, seperti HIV, beberapa jenis kanker, malnutrisi, hepatitis virus, serta beberapa perawatan medis.

Berikut ini tanda-tanda seseorang alami penurunan imun.

1. Mudah terkena infeksi

Dilansir dari Medicalnewstoday, seseorang yang alami penurunan imun tanda utamanya adalah mudahnya orang tersebut terkena infeksi. Selain itu, infeksi yang dialami oleh orang dengan sistem imun rendah cenderung lebih sering dan lebih parah.
Bahkan, menurut penmedicine, seseorang yang mudah terkena infeksi akibat penurunan imun bisa alami empat kali infeksi telinga, dua kali pneumonia, tiga kali sinusitis dalam setahun.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

2. Sering merasa lelah berlebih

Penmedicine juga menyebut, seseorang yang alami penurunan imun bisa mudah mengalami kelelahan. Hal ini bahkan bisa terjadi walaupun tidak kekurangan istirahat ataupun tidur.

3. Alami luka yang sulit sembuh

Tubuh mempunyai sistem tersendiri untuk menyembuhkan luka terbuka seperti luka bakar, tergores ataupun terpotong. Tubuh akan mengirimkan darah yang penuh dengan nutrisi pada luka untuk membantu meregenerasi kulit, sehingga kulit menjadi baru.
Namun, proses penyembuhan ini membutuhkan sel-sel kekebalan tubuh yang sehat. Jadi, ketika sel-sel kekebalan tubuh dalam keadaan tidak sehat atau penurunan imun, akan sebabkan kulit kesulitan untuk melakukan regenerasi. Akhirnya, luka menjadi sulit sembuh.

4. Sering pilek

Pilek memang sering dialami oleh orang dewasa. Umumnya, orang dewasa alami pilek hingga dua atau tiga kali dalam setahun dan akan pulih kembali setelah seminggu atau sepuluh hari.
Namun, orang yang alami penurunan imun akan lebih sering alami pilek dan masuk angin. Bahkan pileknya pun cenderung sulit sembuh.

5. Alami masalah pencernaan yang beragam

Jika mempunyai masalah penurunan imun, itu juga berarti akan menganggu pencernaan. Hal ini karena, penelitian menunjukkan, hampir 70% sistem kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan.

Dalam usus, terdapat bakteri dan mikroorganisme yang membantu melindungi isu dari infeksi serta membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang alami penurunan, maka tidak heran jika dia akan alami berbagai masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Tekan Impor, Sleman Genjot Produksi Kedelai

Sleman
| Rabu, 28 September 2022, 06:07 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement