Advertisement

Perlu Diperhatikan, Ini Bahayanya Keseringan Minum Air Panas

Widya Islamiati
Jum'at, 23 September 2022 - 03:37 WIB
Sirojul Khafid
Perlu Diperhatikan, Ini Bahayanya Keseringan Minum Air Panas Ilustrasi orang minum air panas

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh setelah meminum air. Selain dapat membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi, air juga bisa membantu melawan infeksi, menjaga kesehatan kulit, otot, serta sendi.

Banyak orang mempercayai meminum air hangat atau air panas bisa jadi menawarkan lebih banyak manfaat dibanding meminum air dingin atau air putih biasa. Hal ini membuat banyak orang tersugesti, meminum air hangat di pagi hari bisa membuat perut nyaman.

Di balik sederet manfaat meminum air hangat ataupun panas, tetap ada risiko yang bisa diterima apabila tidak memperhatikan suhu air tersebut. Penelitian menyebutkan, suhu terbaik untuk menyajikan minuman namun terbebas dari risiko luka bakar adalah sekitar 57 derajat celcius.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Berikut sejumlah bahaya jika Anda keseringan minum air hangat dilansir dari Pulse.

1. Mengandung banyak kontaminan

Kebanyakan orang berpikir air panas sangat murni tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Jika Anda mengambil air panas dari keran, kemungkinan besar air tersebut telah terkontaminasi.

Ini karena air panas melarutkan kontaminan lebih banyak daripada air dingin. Jika pipa terlalu tua dan berkarat, partikel timbal cenderung bercampur dengan air yang mengalir melalui pipa.

BACA JUGA: Tanda-Tanda Sinusitis: Hidung Tersumbat Sampai Bau Mulut

2. Menyebabkan ketidakseimbangan konsentrasi air dalam tubuh

Penelitian telah membuktikan bahwa 55-65% dari sistem tubuh mengandung air. Minum air putih itu sehat karena menghidrasi tubuh dan mengeluarkan beberapa racun dalam tubuh.

Sering minum air panas, bahkan saat tidak haus dapat menyebabkan ketidakseimbangan konsentrasi air dalam tubuh, sehingga menyebabkan dehidrasi.

Advertisement

3. Gangguan tidur

Terlalu banyak konsumsi air panas menyebabkan ketidakseimbangan dalam tidur Anda. Hindari minum air panas sebelum tidur karena akan mengganggu tidur Anda dengan sering buang air kecil.

4. Memberi tekanan pada ginjal

Ginjal memiliki sistem kapiler yang kuat yang mengeluarkan kelebihan air dan racun dari tubuh. Minum terlalu banyak air panas akan memberi tekanan pada ginjal dengan meningkatkan kecepatan fungsinya.

Karena minum air panas menyebabkan dehidrasi, ginjal berisiko. Ini juga akan meningkatkan beban kerja ginjal, sehingga menyebabkan kerja berlebihan pada organ ini.

Advertisement

Ini pada akhirnya akan mempengaruhi ginjal Anda.

5. Luka lepuh/luka bakar internal

Sering konsumsi air panas dapat menyebabkan panas internal pada lapisan organ dalam sistem tubuh. Air panas dapat dengan mudah membakar atau melukai bibir, lapisan dalam mulut dan lidah.

BACA JUGA: Tips Nonton Konser Musik yang Aman dan Nyaman

Sementara itu, berikut ini manfaat dan risiko meminum air panas berdasarkan Darya Varia.

Advertisement

1. Mengatasi masuk angin di pagi hari

Air hangat dapat meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek dan hidung tersumbat. Suhu tinggi dalam air hangat dapat mempercepat keluarnya lendir, sehingga gejala pilek akan mereda. Selain itu, suhu hangat juga mampu meredakan rasa sakit di tenggorokan akibat penumpukan lendir di kerongkongan di pagi hari.

2. Penurunan berat badan

Minum air hangat di pagi hari dapat mengaktifkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran lemak lebih banyak sepanjang hari. Minum air panas juga membantu membersihkan usus dan menghilangkan limbah dalam tubuh yang dapat menyebabkan perut kembung dan kelebihan air dalam tubuh.

3. Saluran pencernaan lancar

Sakit perut akibat gangguan saluran pencernaan umumnya merupakan limbah yang terperangkap di usus sehingga menyebabkan sembelit dan sakit perut. Minum, air hangat dapat membantu usus berkontraksi untuk memperlancar proses eliminasi. Selain itu, minum air hangat mengaktifkan saluran pencernaan. Air bekerja sebagai pelumas atau pelumas di sepanjang organ sistem pencernaan dan membantu menghidrasi dan membuang racun.

Advertisement

4. Detoksifikasi racun dalam tubuh

Salah satu manfaat air hangat untuk kesehatan adalah deteksi racun. Saat kita minum air hangat, suhu tubuh naik dan mengaktifkan sistem endokrin, sehingga lebih mudah berkeringat.

5. Membantu mengatasi sakit perut saat haid

Manfaat minum air hangat bisa membantu mengatasi sakit perut saat haid. Menstruasi di hari pertama seringkali membuat banyak wanita mengeluhkan sakit perut. Dengan mengkonsumsi air, keluhan tersebut dapat teratasi dengan baik. Hal ini karena air hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit.

6. Baik untuk gigi sensitif dan gigi berlubang

Bagi yang memiliki gigi sensitif dan berlubang tidak dianjurkan untuk minum air dingin karena dapat merusak, membahayakan kesehatan gigi dan tidak memiliki manfaat yang baik. Dalam beberapa kasus, air dingin dapat merusak tambalan gigi. Air hangat dianjurkan karena memiliki suhu yang aman dan memberikan kenyamanan bagi gigi sensitif.

7. Mencerahkan kulit

Minum air hangat setiap hari secara teratur akan membantu tubuh untuk memecah timbunan lemak, mengendurkan otot, dan meningkatkan aliran darah. Peningkatan sirkulasi darah dapat meremajakan sel-sel kulit dan menjaganya tetap ternutrisi.

Advertisement

8. Menghilangkan rasa pedas lebih cepat

Sensasi rasa pedas didapat dari makanan yang menggunakan biji cabai, senyawa kimianya disebut capsaicin. Senyawa ini akan larut dalam air panas, sehingga setelah meminum air panas, Anda akan merasa lebih nyaman dan perlahan efek pedasnya akan hilang.

Minum air panas tidak akan menyembuhkan penyakit apa pun, tetapi selama airnya tidak panas, risikonya minimal. Jadi orang yang sudah menikmati air hangat atau yang ingin mencoba metode sederhana untuk meningkatkan kesehatan mereka harus merasa yakin bahwa mereka mendapat manfaat darinya.

9. Pencernaan lebih sehat

Meminum air putih bisa membantu usus menyerap sebagian besar air dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, dengan lancar. Jika konsumsi air berkurang, ini akan sebabkan dehidrasi dan membuat sulitnya buang air besar.

Lalu, jika air yang diminum merupakan air panas, ini akan membantu memecah makanan lebih cepat dibandingkan dengan air dingin. Sehingga permasalahan sembelit ataupun sulitnya buang air besar bisa dicegah.

Advertisement

BACA JUGA: 10 Tanda Pria Mencintai Perempuan dengan Tulus

10. Peningkatan sirkulasi darah

Air panas bisa berfungsi sebagai vasodilator yang memperkuat pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi darah. Ini bisa membuat otot menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa sakit.

Meskipun tidak dalam jangka panjang, tetapi peningkatan sirkulasi darah secara singkat bisa membantu kelancaran aliran darah ke otot dan organ tubuh.

11. Membantu mengatasi pilek dan mengatasi gejala sinusitis

Saat sedang alami gejala sinusitis, hidung tersumbat, ini disebabkan adanya lendir yang membuat hidung tersumbat dan sulitnya bernapas. Meminum air panas saat sedang alami ini bisa membantu lendir bergerak lebih cepat sehingga saluran hidung menjadi lebih kosong.

12. Mengurangi stres

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi minuman panas seperti kopi dan teh yang diseduh dengan air panas bisa menurunkan tingkat keparahan stres serta mengurangi cemas. Meskipun kafein memang bisa mengurangi cemas, namun kehangatan suhu bisa memperbaiki suasana hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati HUT Ke-92, Gereja Santa Theresia Brosot Gerakkan Persaudaraan

Kulonprogo
| Rabu, 05 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Pukat UGM Ajak Masyarakat Bersuara Soal RUU Perampasan Aset Negara

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement