Advertisement

Tanda-Tanda Sinusitis: Hidung Tersumbat Sampai Bau Mulut

Widya Islamiati
Kamis, 22 September 2022 - 06:27 WIB
Sirojul Khafid
Tanda-Tanda Sinusitis: Hidung Tersumbat Sampai Bau Mulut Beberapa gejala sinusitis antara lain sakit kepala, gejala flu lebih dari seminggu, warna lendir berubah, dan nyeri pada wajah dan area sinus (rongga udara dibalik tulang wajah). - rsmitrakeluargategal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Saat merasakan sakit kepala yang berlebihan, bisa jadi Anda alami sinusitis. Sinusitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada lapisan di sinus paranasal.

Berdasarkan Direktorat Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, penderita sinusitis umumnya dialami oleh orang dengan usia 21 hingga 30 tahun dengan persentase 27,5%. Meskipun demikian, anak-anak dan orang lanjut usia juga bisa terkena infeksi ini. Pada anak-anak yang alami infeksi saluran pernapasan, 5 hingga 10% diantaranya juga alami sinusitis.

Lalu apa saja gejala sinusitis? Berikut penjelasannya.

1. Alami post nasal drip

Orang yang alami sinusitis sangat umum alami post nasal drip. Ini merupakan kondisi saat hidung tersumbat, lalu ingus akan terasa seperti mengalir menuju tenggorokan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Cairan ingus berwarna keruh, hijau atau kuning ini juga seringkali mengalir ke luar hidung atau yang biasa disebut hidung meler. Hal ini juga bisa sebabkan suara serak.

BACA JUGA: Kenali 5 Tanda Kekebalan Tubuh Anda Menurun!

2. Sakit kepala

Penyebab sakit kepala yang berat seperti ditusuk-tusuk atau dicengkram bisa jadi merupakan gejala sinusitis. Sakit kepala akibat sinusitis bisa menjadi lebih parah pada pagi hari, sebab pada malam hari terjadi pengumpulan cairan.

3. Hidung tersumbat

Infeksi sinusitis juga bisa mempengaruhi pernapasan melalui hidung yang tersumbat akibat adanya pembengkakan saluran hidung. Ini bisa sebabkan berkurangnya kemampuan mencium sesuatu dan suara akan terdengar seperti pengap.

4. Nyeri di area wajah

Tanda sinusitis yang lain adalah adanya nyeri beberapa bagian wajah seperti pipi, antara kedua mata, dahi. Selain itu, beberapa bagian kepala seperti belakang telinga, hingga ke arah daerah mulut dan gigi juga sering nyeri akibat sinusitis ini.

BACA JUGA: Kenali Fenomena Quiet Firing, Taktik Kantor yang Bikin Karyawan Resign

Advertisement

5. Iritasi saluran tenggorokan dan batuk

Dilansir dari Healthline, salah satu gejala sinusitis yang lain adalah iritasi pada saluran tenggorokan serta alami batuk. Hal ini disebabkan oleh cairan sinus yang mengalir ke tenggorokan sehingga sebabkan iritasi.

Iritasi ini jika terjadi terus menerus bisa sebabkan batuk yang akan menjadi lebih parah pada pagi hari. Pada malam hari, kondisi ini bisa sebabkan susahnya tidur. Cara mengatasinya adalah tidur dengan kepala ditinggikan atau tidur tegak.

6. Halitosis atau bau mulut

Lendir bau yang mengalir dari hidung ke tenggorokan juga bisa melalui mulut, ini bisa sebabkan bau mulut. Cara mengatasinya dengan rajin berkumur serta menyikat lidah.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Jumat 30 September 2022, Tiket Rp8.000

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement