Advertisement

Terong Ungu Berkhasiat Atasi Kanker hingga Turunkan Gula Darah

Widya Islamiati
Selasa, 27 September 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Terong Ungu Berkhasiat Atasi Kanker hingga Turunkan Gula Darah Terong ungu - shopee

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Anda pasti sudah pernah mendengar terong balado? Terong balado adalah masakan andalan yang murah, tidak ribet dan enak.

Meskipun sering dianggap sebagai sayuran, namun tanaman yang termasuk dalam keluarga nightside ini termasuk buah. Karena tumbuh dari tanaman yang berbunga dan mengandung biji.

Advertisement

Kandungan nutrisi dalam buah yang berbentuk lonjong melengkung ini dinilai cukup banyak. Dalam 82 gram terong ungu mentah, setidaknya mengandung 20 kalori, 5 gram karbohidrat, 3 gram serat dan 1 gram protein.

Selain itu, terong ungu juga mengandung 10% mangan, 5% folat, 5% kalium, 4% vitamin K, serta 3% vitamin C dari kebutuhan harian.

Baca juga: Daftar Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol plus Rasanya Enak

Karena kandungannya yang banyak ini, membuat terong ungu selain enak dijadikan lauk pendamping nasi, juga punyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat terong ungu untuk kesehatan berdasarkan Healthline dan Medicalnewstoday!

1. Melindungi dari radikal bebas

Terong ungu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya atau radikal bebas.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh penelitian. Berdasarkan penelitian, antioksidan dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

2. Membantu mengontrol kadar gula darah

Terong mengandung polifenol. Polifenol ini bisa membantu mengurangi penyerapan gula serta meningkatkan sekresi insulin. Kedua hal ini berguna untuk membantu menurunkan gula darah.

Penelitian yang mengamati ekstrak terong menunjukkan, polifenol dalam terong bisa mengurangi kadar enzim yang mempengaruhi penyerapan gula dan membantu mengurangi gula darah.

3. Kaya akan serat yang membantu pencernaan

Salah satu fungsi serat dalam tubuh adalah untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Terong termasuk buah dengan kandungan serat yang tinggi.

Selain itu, serat juga bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan bisa mengurangi asupan kalori pada tubuh. Karena juga termasuk buah dengan kandungan kalori yang cukup rendah.

Hal ini membuat, terong sering direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

4. Membantu mengatasi kanker

Terong mengandung senyawa solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Beberapa penelitian mengungkap, senyawa ini bisa menyebabkan matinya sel kanker serta mengurangi kemungkinan beberapa jenis kanker tertentu untuk kambuh setelah sembuh.

Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan, jika senyawa ini dioleskan langsung pada kulit, bisa melawan kanker kulit.

5. Membantu kesehatan mata

Terong ungu mengandung antioksidan Lutein dan zeaxanthin. Lutein ini berfungsi untuk membantu kesehatan mata serta bisa membantu mencegah degenerasi makula akibat usia yang bisa menyebabkan kurangnya penglihatan orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Kemlu Tanggapi Anggota Komite HAM PBB Terkait Netralitas Jokowi dalam Pemilu 2024

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement