Advertisement

7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Bisa Picu Diabetes

Widya Islamiati
Kamis, 29 September 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Bisa Picu Diabetes Ilustrasi-Yogurt - Thetimes.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu penyakit yang harus diwanti-wanti adalah diabetes. Penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah ini bisa sebabkan berbagai kondisi serius seperti penyakit jantung ginjal ataupun kebutaan.

Salah satu cara mencegah timbulnya penyakit ini adalah menjaga asupan makanan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Healthline mengupas beberapa makanan yang bisa memicu penyakit diabetes. 

1. Makanan tinggi karbo

Penelitian mengungkapkan, makanan dengan karbohidrat yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah. Tidak hanya itu, penelitian lain juga menemukan makanan berkarbohidrat tinggi juga menurunkan fungsi otak. 

Makanan olahan seperti roti putih, nasi ataupun pasta telah diteliti dan terbukti secara signifikan dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. 

Selain itu, makanan olahan berkarbohidrat tinggi ini juga mengandung sedikit serat, padahal serta berguna juga untuk mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

2. Yogurt rasa buah

Meskipun yogurt merupakan produk hasil fermentasi susu yang bergizi, tetapi bagi penderita diabetes, hanya yogurt rasa original atau tanpa rasa lah yang berlaku demikian. Ini bisa meningkatkan insulin dan gula darah.

Sebab, yogurt yang memiliki varian rasa buah, karena mengandung gula tambahan. Dalam satu cangkir yogurt rasa buah bisa mengandung hingga 31 gram gula, sehingga hampir 61% kalori dalam yogurt rasa buah ini berasal dari gula.

Advertisement

3. Buah kering 

Buah mengandung banyak vitamin serta berbagai mineral penting, seperti potasium. Namun, jika buah dikeringkan, buah akan kehilangan air yang justru di dalam air inilah nutrisi buah terkandung. 

Lagi, proses pengeringan ini akan membuat kadar gula dalam buah memekat. 

4. Jus buah

Terlihat seperti menyehatkan, padahal jus buah justru termasuk dalam minuman yang bisa memicu penyakit diabetes. Bahkan, Healthline menyebut, efeknya pada gula darah mirip dengan minuman sifat dan minuman manis lainnya.

Advertisement

Dalam 250 ml jus anggur bisa menyediakan 35 gram gula, sedangkan sofa hanya mengandung 22 gram gula.

5. Minuman kopi yang memiliki rasa

Meskipun kopi murni telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes. Namun hal ini tidak berlaku pada minuman kopi dengan rasa tambahan. 

Selain itu, minuman kopi dengan rasa tambahan juga berpotensi menyebabkan penambahan berat badan dan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. 

Dalam 473 ml karamel frappucino setidaknya mengandung 57 gram karbohidrat dan 473 gram blonde vanila mengandung 30 gram karbohidrat. 

Advertisement

6. Sereal sarapan manis

Saat menyiapkan sarapan pagi hari, akan lebih praktis dan cepat dengan sarapan sereal manis. Namun, sereal sarapan manis yang selalu dinilai bergizi bagi otak, ternyata memiliki risiko terkena diabetes.

Hal ini dikarenakan sereal sarapan manis lebih banyak mengandung karbohidrat dibandingkan protein. Sedangkan protein bermanfaat untuk membantu merasa kenyang fan juga menjaga kafRbgila drg tetap stabil.

7. Kentang goreng

Makanan ini termasuk makanan yang sering disajikan di restoran cepat saji, bersanding dengan ayam goreng. Namun, bagi penderita diabetes, kentang goreng termasuk makanan yang mesti dihindari. 

Hal ini karena kentang termasuk umbi yang tinggi karbohidrat.  Satu kentang berukuran sedang bisa mengandung 38,4 gram karbohidrat.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cerita Pelajar Gunungkidul Terseret Banjir, 1,5 Jam Berpegangan di Pohon Kayu Putih

Gunungkidul
| Rabu, 30 November 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement