Advertisement

Pelihara Kucing Bikin Perempuan Susah Hamil?

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 06 Oktober 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pelihara Kucing Bikin Perempuan Susah Hamil? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Masih ada anggapan di masyarakat bahwa memelihara kucing bisa membuat perempuan susah hamil. Apakah hal tersebut benar?

Dilansir dari Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, seorang dokter spesialis andrologi RS JIH Solo, Metanolia Sukmawati, mengaku belum menemukan jurnal yang menjelaskan terkait hubungan memelihara kucing dengan hambatan kehamilan.

Advertisement

“Saya belum pernah menemukan jurnal pasti yang menjelaskan malasah itu,” kata dia. 

Sementara dokter spesialis fertilitas endokrinologi reproduksi Rumah Sakit (RS) JIH Solo, Abdurahman Laqif, mengatakan anggapan tersebut kemungkinan berkaitan dengan toksoplasma. Di mana kucing merupakan binatang yang dianggap pembawa parasite penyebab toksoplasma tersebut. “Tapi toksoplasma tidak menyebabkan susah hamil. Hamilnya bisa, namun ketika dia terkena toksoplasma itu menyebabkan kecacatan atau keguguran,” kata dia.

Untuk itu dia menyarankan sebagai Langkah antisipasi untuk melakukan vaksinasi anti toksoplasma pada kucing yang dipeliharanya. “Kalau punya kucing ya divaksin anti toksoplasma. Kalau belum divaksin, ada risiko terjadinya penularan toksoplasma,” lanjut dia.

Baca juga: Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Dilansir dari Halodoc, memelihara kucing saat program hamil boleh-boleh saja asal tahu tips dan triknya. Untuk memperkecil kemungkinan terinfeksi toksoplasmosis, berikut tips memelihara kucing saat program hamil, yang bisa dicoba:

- Selalu gunakan sarung tangan saat mengganti kotak kotoran kucing dan mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, setelah selesai.

- Bersihkan tempat kotoran kucing setiap hari, karena parasit toksoplasma umumnya baru dapat menginfeksi 1-5 hari setelah feses dikeluarkan.

- Berikan makanan kering atau makanan kaleng kepada kucing, bukan makanan yang mentah atau setengah matang.

- Tetap jaga batasan main kucing di dalam ruangan.

- Jauhi kucing liar, terutama anak kucing, dan jangan memelihara kucing baru ketika hamil.

- Ketika memasak hidangan daging, pastikan untuk memasaknya dengan suhu minimal 63 derajat Celsius dan istirahatkan terlebih dahulu selama 3 menit, sebelum dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Sebut Sepanjang Ruas Jalan Godean Didominasi Kerusakan

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement