Advertisement

5 Manfaat Pete, Obat Depresi hingga Ringankan Nyeri Haid

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Manfaat Pete, Obat Depresi hingga Ringankan Nyeri Haid Petai - bulelengkab.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Pete atau petai merupakan salah satu makanan yang bisa menimbulkan bau tidak sedap. Karena itulah makanan ini tidak disukai sebagian orang.

Namun banyak pula orang-orang yang menjadikan olahan pete menjadi menu makanan favoritnya. Apalagi jika dimakan sebagai lalapan pendamping ayam goreng atau lele goreng.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dikutip dari Wikipedia, petai, pete, atau mlanding merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan, anak-suku petai-petaian. Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut "petai" juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Meski berbau menyengat, pete mengandung berbagai manfaat. Pete diketahui menggandung protein, zat besi, kalium, fosfor, lemak nabati, vitamin B1, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan karbohidrat.

Protein dan mineral dalam pete pun dinilai tinggi. Setiap 100 gram pete mengadung 6-27,5 persen protein dan mineral, seperti casium sebesar 108-265 miligram.

Berikut 5 manfaat pete untuk kesehatan tubuh, dikutip dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com:

Mengobati Diabetes

Pete dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes karena rasanya yang pahit. Selain itu Pete juga merupakan makanan yang bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Advertisement

Antidepresan

Pete juga terkenal sebagai obat depresi. Biji pete secara khusus dapat mengobati para penderita depresi ringan atau Afficetive Disorder (SAD).

Hal ini disebabkan karena pete mengandung asam amino tryptophan, yaitu jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk mendorong suasana hati.

Advertisement

Meringankan nyeri haid

Biji pete ini juga dipercaya dapat meringankan nyeri dan moody saat PMS atau haid. Pasalnya saat PMS, wanita terkadang dapat berubah mood dan emosi. Dengan mengonsumsi pete dipercaya dapat menstabilkan mood dan emosi.

Hal ini terjadi karena pengaruh zat tryptophan di dalam pete dan Vitamin B1 yang mengatur kadar gula dalam tubuh. Selain itu ada kandungan vitamin D juga yang mengatur mood dalam tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Advertisement

Selain digunakan untuk memperbaiki suasana hati dan menurunkan depresi, asam amono tryptophan juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Tryptophan dapat membantu pembentukan serotonin sehingga membuat seseorang merasa lebih rileks dan mengantuk.

Obat antikanker

Pete juga banyak dijadikan sebagai makanan alternatif untuk mengobati kanker. Biji pete juga mengandung zat yang bisa meningkatkan imun tubuh sebab memiliki sifat anti inflamasi.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual sebagai Peserta Pemilu 2024

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Bukan di Indonesia, Bola Al Rihla Piala Dunia Qatar Ternyata Dibuat di Sini

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement